Gandeng Baznas, Pemprov Jabar Bangun Klinik Inggit Garnasih Beri Faskes Untuk Lansia

BANDUNG – Guna mempermudah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama kaum lanjut usia (Lansia), Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggandeng Baznas membangun Klinik Utama Inggit Garnasih.

Klinik yang berada di Jl. Flores Nomor 6 Kota Bandung ini resmi didirikan untuk merealisasikan wasiat dari Inggit Garnasih khususnya dalam pelayanan terhadap Lansia.

Menurut Kepala Biro Kesra Provinsi Jawa Barat, Barnas Adjidin, mengatakan bahwa 20 persen dari 50 juta penduduk Jawa Barat, merupakan masyarakat Lansia.

Maka dengan adanya hal tersebut, diperlukan sebuah komitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik.

“Lansia perlu perhatian, sehat atau tidak, semakin tua biasanya semakin melemah baik itu penglihatan, pendengaran, dan lainnya, tentu untuk itu Pemprov Jabar harus hadir, Mitra kita Baznas, kita saling bahu membahu menyelesaikan permasalahan, termasuk urusan lansia,” ucapnya di Klinik Utama Inggit, pada Selasa (22/2).

Selain itu, Barnas juta mengatkan bahwa dengan semakin meningkatnya kasus Covid-19 di Jawa Barat, dibutuhkan fasilitas pelayanan kesehatan (Faskes) yang lebih banyak.

Maka dengan adanya klinik khusus Lansia ini, ia menambahkan, nantinya diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam penyelesaian masalah Covid-19 khususnya kepada Lansia.

“Di Masa Covid-19, Lansia harus dapat perhatian lebih, karena mereka rentan, klinik ini menunjukkan bahwa kita ingin menyelesaikan berbagai persoalan,” katanya

“Walau kecil tentunya ada manfaat, ke depan mungkin tidak hanya klinik bisa jadi Rumah Sakit,” imbuhnya

Ditempat yang sama, menurut Ketua Baznas Republik Indonesia, Noor Achmad mengungkapkan bahwa pihak sangat mengapresiasi terkait adanya Faskes khusu Lansia ini. Apalagi lanjut dia, fasilitas tersebut dinilai memiliki sejarah terkait dengan nama Isteri Bung Karno, yakni Inggit Garnasih.

“Ini satu kegiatan yang sangat bagus antara sejarah berupa tokoh, Gubernur, dan Baznas, secara ketokohan diwakili oleh yayasan Inggit Garnasih untuk program nyaah ka kolot, ini tentu saja bukan hanya rumah atau fasilitas untuk lansia tapi juga kesejarahan,” ujarnya

Bahkan ia menuturkan, hadirnya Klinik Utama Inggit Garnasih ini dapat membantu mengakselerasi penanganan Covid-19 terutama bagi masyarakat Lansia.

“Iya, tentu saja, kalau nanti menurut dokter bisa jadi untuk rumah singgah Covid, isolasinya harus ketat,” imbuhnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan