Hati-hati! Kebiasaan Ini Bikin Lebih Berisiko Kena Covid-19

Kasus Covid-19 di beberapa negara kembali meningkat, tentu hal tersebut membuat kita lebih waspada agar tidak tertular Covid-19.

Berbagai studi telah mengungkapkan meskipun kita sudah mendapatkan vaksinasi penuh, tetapi varian baru Covid-19 yakni Omicron masih bisa menginfeksi.

“Vaksin tidak 100 persen efektif, karena jumlah orang yang divaksinasi penuh naik, jumlah breakthrough infection juga akan naik. Meski begitu, risiko infeksi tetap lebih besar pada orang yang tidak divaksinasi,” jelas Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) dilansir dari Eat This, Not That!.

Berikut ini kebiasaan yang bikin lebih berisiko tertular Covid-19.

1. Perjalanan yang tidak penting

Meskipun pemerintah masih memberlakukan sejumlah aturan cukup ketat bagi pelaku perjalanan, tetapi itu tidak berarti jika itu seratus persen aman. Tidak sedikit orang yang mendapatkan hasil PCR atau antigen negatif saat akan berangkat bisa menjadi positif ketika tiba di tempat tujuan.

Tentu ini berarti kita benar-benar harus menghindari perjalanan yang tidak penting. Namun jika terpaksa harus bepergian, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melindungi diri.

“Hindari permukaan yang sering disentuh, jaga kebersihan tangan dimanapun, gunakan masker, jaa jarak, prosedur boarding yang terkontrol, mencoba menghindari kontak tatap muka dengan penumpang lain, tidak membuka masker saat penerbangan, untuk makan dan minum, terlepas dari jika memang sangat diperlukan,” ujar David Powell, dokter dan penasihat medis Asosiasi Transportasi Udara Internasional seperti dilansir Eat This, Not That!.

2. Tidak memakai masker di dalam ruangan

Sudah divaksin tidak berarti terlindungi 100 persen. Itu artinya, protokol kesehatan lain seperti memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas tetap harus dilakukan.

Dr Inci Yildirim Ph.D, spesialis penyakit menular pediatrik dan vaksinolog Yale Medicine menjelaskan jika memakai masker itu seperti memakai tabir surya.

“Jika kamu berada dalam kerumunan yang ramai, berpotensi ada orang yang tidak divaksinasi, gunakan masker dan jaga jarak. Jika tidak divaksinasi dan memenuhi syarat untuk vaksin, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mendapatkan vaksinasi,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan