Selain Jeruk, Buah dan Sayur Ini Kaya akan Vitamin C

JAKARTA – Tubuh sangat memerlukan vitamin C karena dapat meningkatkan metabolisme dan menjaga berat badan agar terkendali.

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Cancer Center Research Institute East Jepang menemukan jika kita mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan hingga 30 persen.

Biasanya vitamin C ditemukan dalam buah lemon, jeruk nipis, jeruk keprok, dan makanan jeruk lainnya. Namun ada beberapa sayur dan buah lain yang kaya akan vitamin C, seperti dikutip dari laman Healthshot.

1. Stroberi

Buah merah dan berair ini mengandung campuran vitamin C, mangan, flavonoid, dan antioksidan bermanfaat lainnya yang sehat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Oklahoma State University di Amerika Serikat melihat relawan diberi stroberi beku kering setiap hari.

Mereka menunjukkan penurunan risiko penyakit jantung. Selain itu, kadar kolesterol jahat dalam tubuh mereka juga berkurang.

2. Jambu biji

Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan menurut penelitian, orang yang mengonsumsi 400 gram jambu biji setiap hari menunjukkan penurunan tekanan darah dan kadar kolesterol.

3. Brokoli

Mengonsumsi setengah cangkir brokoli yang dimasak memberi tubuh 51 miligram vitamin C. Sejumlah penelitian telah menemukan, makan sayuran kaya vitamin C dalam jumlah yang baik bisa menurunkan stres, meningkatkan kekebalan, dan meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung.

4. Kentang

Sayuran ini merupakan sumber yang kaya vitamin C. Vitamin dalam kentang ini berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah kerusakan sel. Karena kulit kentang memiliki konsentrasi vitamin C maksimum, makan makanan ini dengan kulitnya bisa lebih bermanfaat.

5. Paprika

Sumber lain yang kaya vitamin C adalah paprika. Para ilmuwan telah menemukan, makan banyak makanan kaya vitamin C membantu menjaga pengelihatan tetap baik, dan bahkan bisa melindungi terhadap perkembangan katarak. Studi telah menemukan, mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi vitamin C bisa meningkatkan penyerapan zat besi makanan.

6. Pepaya

Semangkuk pepaya menyediakan 87 miligram vitamin C untuk tubuh manusia. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal, Mediators of Inflammation, 20 orang yang menderita Alzheimer ringan diberi ekstrak pepaya pekat selama enam bulan dan hasilnya menunjukkan penurunan peradangan dan pengurangan stres. (jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan