Menu Sarapan Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

JAKARTA – Kolesterol tinggi bisa mendatangkan efek yang tidak baik untuk tubuh. Kolesterol tinggi biasanya timbul karena sering mengonsumsi makanan berlemak, stres dan lainnya.

Bagi penderita kolesterol tinggi, mereka tidak bisa mengonsumsi makanan sembarangan. Ada beberapa menu sarapan yang bisa membantu turunkan kolesterol tinggi seperti dikutip dari lamn Healthline.

1. Oatmeal

Semangkuk oatmeal mengandung 5 gram serat makanan. Oatmeal mengandung serat larut, yang menempel pada kolesterol LDL di saluran pencernaan Anda dan membantu mengeluarkannya dari tubuh Anda. Taburi oatmeal Anda dengan irisan apel, pir, raspberry atau stroberi untuk tambahan serat.

Tidak punya waktu untuk memasak semangkuk oat? Sereal gandum dingin juga bisa Anda konsumsi. Hindari saja produk yang sarat dengan gula. Menambahkan irisan pisang atau buah beri juga akan meningkatkan kandungan serat sereal Anda.

2. Susu almond

Almond kaya akan lemak sehat, serat, magnesium, dan vitamin. Mereka juga bagian dari keluarga kacang pohon. Menurut Harvard Health Publishing, makan 2 ons kacang ini setiap hari bisa menurunkan kolesterol LDL sekitar 5 persen.

Tuangkan segelas susu almond untuk diri sendiri, tuangkan beberapa irisan almond ke oatmeal Anda, atau makan segenggam penuh.

3. Roti alpukat

Roti panggang dan alpukat tumbuk ini mungkin menjadi pilihan menu sarapan paling trendi saat ini, tetapi juga memiliki nilai kesehatan yang tinggi.

Sebuah studi tahun 2015 di Journal of American Heart Association menemukan mengonsumsi alpukat per hari menurunkan kadar kolesterol LDL pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Namun, perlu dicatat penelitian ini didanai dengan hibah dari Hass Avocado Board. Studi lain menautkan makan alpukat dengan kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi.

Alpukat sehat pada beberapa tingkatan. Mereka tinggi asam lemak tak jenuh tunggal, yang menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti makanan sarapan yang tinggi asam lemak jenuh tidak sehat, seperti sosis atau bacon. Alpukat juga merupakan sumber yang kaya sterol, yang merupakan zat nabati yang membantu menurunkan kolesterol. Mereka juga tinggi serat larut dan tidak larut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan