Orangutan Masuk ke Jalan Raya, Hutan di Kaltim Dibabat Habis?

JAKARTA – Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan seekor orangutan dewasa berjalan dengan kebingungan di jalan raya.

Diketahui bahwa video orangutan itu berlokasi di Jalan Baru arah Wahau, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Awalnya video tersebut diunggah langsung oleh seorang pengguna akun Twitter bernama @EsTeh__28.

Belum diketahui penyebab pasti orangutan itu memasuki jalan raya, tetapi pengunggah video menduga kalau hewan itu sedang merasa kelaparan.

Oleh karena itu orangutan itu sampai harus memasuki area jalan raya karena diduga juga habitatnya kini semakin menghilang.

“Seekor orang utan turun ke jalan yang diduga sedang kelaparan karena habitatnya semakin menghilang akibat ulah manusia,” cuit akun @ESTeh__28.

“Lokasi kejadian di Jalan Baru arah Wahau, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur,” sambungnya.

Dalam video yang diunggah akun Twitter tersebut, terlihat jelas seekor orangutan yang sedang berjalan di jalan raya.

Orangutan itu tampak kebingungan, bahkan di sekitarnya juga terlihat beberapa kendaraan seperti mobil yang melintas.

Selain itu, orangutan tersebut juga menyempatkan diri untuk mengambil makanan sisa yang ada di jalan raya.

Tidak lama kemudian terlihat ada seorang pria yang tampak melemparkan boks berisi makanan ke arah orangutan tersebut.

Sampai dengan berita ini diturunkan, postingan akun Twitter itu sudah mendapat 2 ribu retweet dan lebih dari 3 ribu likes.

Sejumlah netizen yang melihat video itu di Twitter menduga bahwa pemerintah harusnya bisa bertanggung jawab atas kelangsungan hidup orang utan.

Terlebih para netizen meyakini bahwa dengan adanya pembabatan hutan untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru menjadi salah satu penyebab habitat orangutan terancam punah.

“Resim dzolim sm manusia, lingkungan dan makhluk hidup lainnya,” ucap salah seorang netizen.

“Tanahnya digunduli, dikeruk, dibakar… Penduduknya diam saja… Malah berusaha membungkam mereka² yg membelanya… Jangan katakan menyesal suatu saat nanti kalian tergusur dari tanah sendiri,” sahut netter lain.

“Akibat pembabatan hutan ugal2an, belum nanti IKN, udah bikin IKN melayang aja kaya avengers, kan presiden suka yang fiksi2, secara udah ada tol laut, abis ini tol langit,” komentar netizen.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan