Menu Sarapan Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

4. Orak arik putih telur dengan bayam

Telur terkenal tinggi kolesterol, tetapi semuanya terkandung dalam kuning telur. Putih telur bebas kolesterol dan dikemas dengan protein. Orak-arik beberapa putih telur dan masukkan segenggam bayam untuk serat.

Masak telur Anda dalam minyak zaitun atau canola. Minyak sehat ini bisa membantu meningkatkan jumlah kolesterol Anda lebih banyak lagi.

5. Jus jeruk

Jus jeruk terkenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik. Beberapa merek menambahkan nutrisi tambahan dengan memperkuat jus mereka dengan sterol dan stanol. Menambahkan 2 gram sterol ke dalam diet harian Anda bisa menurunkan kolesterol LDL Anda sebesar 5 hingga 15 persen.

Jika Anda bukan penggemar jus jeruk, cobalah salah satu makanan yang diperkaya lainnya yang tersedia. Batangan granola dan cokelat semuanya tersedia dalam versi yang bisa meningkatkan sterol dan stanol.

6. Smoothie protein whey

Protein whey terbuat dari whey, cairan dalam susu yang dikeluarkan saat produsen membuat keju. Beberapa penelitian menunjukkan suplemen protein whey bisa membantu menurunkan kolesterol, meskipun hasilnya tidak konsisten.

Satu meta-analisis dari 13 studi menemukan suplemen menurunkan trigliserida, jenis lemak lain dalam darah. Buat smoothie pagi yang sehat dengan menggabungkan yogurt rendah lemak, es batu, beri, dan satu sendok protein whey vanila.

Minuman manis ini rendah lemak dan tinggi nutrisi.

7. Salmon asap di atas bagel gandum utuh

Salmon adalah sumber asam lemak omega-3 yang bagus. Lemak baik ini meningkatkan kolesterol HDL yang sehat dan mengurangi jumlah trigliserida yang beredar dalam darah.

8. Muffin dedak apel

Sarapan cepat dan lezat ini menggabungkan dua sumber serat, apel dan dedaknya. Jika Anda menggunakan campuran muffin, tingkatkan kesehatannya dengan menggunakan saus apel sebagai pengganti minyak. (jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan