Ruang Riung, Event dari Pemkot Bandung untuk Aktivasi Teras Cihampelas

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah melakukan aktivasi di Teras Cihampelas lewat event bertemakan Ruang Riung yang diselenggarakan pada Sabtu, (20/22).

Menurut Kepala Dinas Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM), Atet Dendi Hendiman, melalui event ini pihaknya akan terus mendorong Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk berjualan di Teras Cihampelas.

“Jadi ini event Ruang Riung ini suatu bentuk reaktivasi di Teras Cihampelas. Dan kita coba ajak para pelaku PKL-nya untuk berjualan,” ucapnya di Terasa Cihampelas Kota Bandung, Sabtu (20/11).

Sementara itu, Atet juga menjelaskan bahwa sejak pandemi Covid-19, para PKL yang semula berjualan di Teras Cihampelas, banyak yang tidak bertahan lama. Maka dari itu, lanjut dia, guna mengaktifkan kembali kawasan Teras Cihampelas, pihaknya telah menggandeng beberapa pelaku ekonomi kreatif di Kota Bandung.

“Jadi setelah saya berdiskusi, kemudian kami menggandeng teman-teman dari ekonomi kreatif, kaum milenial, kita berembuk. Dan kira-kira akan seperti apa Teras Cihampelas ini untuk dijadikan lagi fungsinya seperti dulu, sebagai tempat destinasi wisata yang memang sangat luar biasa,” ujarnya.

“Dan akhirnya mereka mempunyai gagasan, dan gagasannya seperti ini (event Ruang Riung). Kita coba dua trase dulu, sehingga Teras Cihampelas ini bisa bermanfaat kembali. Baik dari aspek ekonomi, daya tarik pariwisata, maupun pemanfaatan infrastruktur kota lainnya,” imbuhnya.

Guna menarik kembali wisatawan berkunjung ke Teras Cihampelas, Atet mengatakan, perlu ada pagelaran atraksi atau pentas seni.

Oleh karena itu, konsep yang diusung event Ruang Riung ini sengaja menggunakan dekorasi bertemakan bambu.

“Jadi kesimpulannya, bahwa Teras Cihampelas itu harus ada atraksi dulu. Dan ini bisa menarik perhatian. Dan ini (event ruang Riung) sengaja dekornya ada bambu. Karena mereka kaum kreatif ya, jadi dekor ini tidak hanya dekor yang satu hari dibuka. Saya berharap bisa sampai satu atau dua bulan ke depan,” ujarnya.

Dia menambahkan,  jika ke depannya Teras Cihampelas bisa dijadikan sebagai tempat Pagelaran, maka pihaknya akan mensosialisasikan terlebih dahulu.

“Jadi nanti kita sosialisasikan. Dan nanti setiap Dinas ataupun dari para PKL sendiri bisa mengadakan event di sini (Teras Cihampelas) di sekitar trase 11-12. Jadi dua teras dulu, dan nanti kami akan meminta ke tiap Dinas untuk mengadakan semacam event selama dua bulan, termasuk yang lainnya. Tapi koordinasi dulu, sehingga eventnya nanti menjadi aktraktif dan yang paling penting amanat dari Pak Wali kota (Oded M Danial) yaitu Prokes (Protokol Kesehatan) dijaga,”jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan