Puluhan Tahun Berlalu, Kampung Cigumentong Akhirnya Teraliri Listrik

SUMEDANG – Puluhan tahun berlalu, warga Kampung Cigumentong, Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang belum dapat merasakan nikmatnya manfaat listrik.

Namun kini, setelah Indonesia merdeka di usia 76 tahun, warga Kampung Cigumentong baru dapat menikmati kehidupan di malam hari dengan terangnya lampu karena listrik yang sudah mulai terpasang.

Diketahui, daerah yang cukup terpencil alias jauh dari akses dan kehidupan perkotaan itu dihuni oleh 14 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa 63 orang.

Menanggapi teralirinya listrik di Kampung Cigumentong, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menyampaikan, kini di para warga dapat lebih leluasa dalam beraktivitas.

“Alhamdulillah, kita merdeka sudah 76 tahun, di Cigumentong merdeka listriknya baru sekarang,” kata Dony di Cigumentong, Selasa (5/10).

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, Dony bersama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumedang terlihat mendatangi Kampung Cigumentong untuk meresmikan pemberian manfaat listrik.

“Ini bukti bahwa Pemerintah hadir memberikan hak yang sama untuk rakyat. Mau dimanapun, bahkan di tempat terpencil semuanya harus dilayani,” ucap Dony.

Mengingat Kampung Cigumentong berada di tiga perbatasan Kabupaten Sumedang, Garut dan Bandung, Dony berujar, untuk mengalirkan listrik ke wilayah tersebut dibutuhkan sebanyak 63 tiang listrik.

Dony juga mengatakan, kehadiran listrik merupakan sebuah usaha atau ikhtiar dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan hadirnya listrik ini insyaAllah dapat meningkatkan aktivitas masyarakat beserta ekonominya,” pungkas Dony.

“Ini bukti pemerintah hadir dan tidak boleh seorang pun yang tertinggal dalam mendapatkan haknya,” tambah Dony

Dalam pemaparannya, Dony menuturkan, tercapainya aliran listrik di Kampung Cigumentong merupakan upaya berbagai pihak mulai dari masyarakat, pemerintah desa hingga daerah serta peran PLN dan Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Semoga adanya listrik ini dapat dimanfaatkan dengan sangat baik dan saya yakin masyarakat di sini kompak akan terus memelihara jaringan yang ada di sini,” tutupnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan