Pencipta Karikatur Nabi Muhammad Tewas Tertabrak Truk Bersama Dua Polisi Pengawalnya

JAKARTA– Kartunis yang membuat karikatur Nabi Muhammad, Lars Vilks dikabarkan tewas dalam sebuah kecelakaan pada Ahad (3/10/2021).

Dilansir BBC News, Lars Vilks dilaporkan bepergian dengan kendaraan polisi dan bertabrakan dengan sebuah truk di dekat kota Markaryd di Swedia selatan.

Dua petugas polisi yang mengawalnya juga tewas dan seorang sopir truk terluka dalam kejadian itu

Polisi belum mengungkapkan identitas mereka yang tewas dalam insiden tersebut. Tepi Vilks dipastikan tewas menurut surat kabar Dagens Nyheter.

Sebuah pernyataan dari polisi mengatakan masih belum jelas kronologi tabrakan.

Lars Vilks tewas dalam usia ke-75 tahun. Dia hidup selama ini di bawah pengawalan polisi setelah menjadi sasaran ancaman pembunuhan karena kartun Nabi Muhammad.

Kartun yang diterbitkan pada 2007, telah menyinggung Muslim dunia. Itu terjadi setahun setelah surat kabar Denmark menerbitkan kartun Nabi.

Kartun tersebut menyebabkan kemarahan dan menyebabkan Perdana Menteri Fredrik Reinfeldt bertemu dengan duta besar dari 22 negara Muslim dalam upaya untuk meredakan situasi.

Tak lama setelah itu, al-Qaeda di Irak menawarkan hadiah $ 100.000 (£ 73.692) untuk pembunuhannya.

Pada 2015, Vilks menghadiri debat tentang kebebasan berbicara yang menjadi sasaran serangan senjata di Kopenhagen. Dia mengatakan dia mungkin menjadi target serangan, yang menewaskan seorang sutradara film. (Fin.co.id).

Tinggalkan Balasan