oleh

Inilah Cara Ganti Kartu ATM BCA ke Chip

JAKARTA – Bagi para nasabah yang masih memegang kartu debit magnetic stripe diharapkan dapat segera menukarnya dengan kartu berbasis chip. Sebab, sesuai dengan arahan Bank Indonesia melalui Surat Edaran (SE) Bank Indonesia (BI) No.17/52/DKSP kartu magnetic stripe akan berakhir masa berlakunya dan tidak dapat digunakan lagi untuk bertransaksi.

Dalam aturan tersebut, penggantian kartu magnetic stripe harus dilakukan hingga 31 Desember 2021 mendatang dan berlaku bagi kartu ATM debit, terminal ATM, terminal EDC dan sarana pemrosesan. Aturan itu juga berlaku untuk kartu yang diterbitkan di Indonesia.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendorong nasabah pemegang kartu ATM BCA atau kartu Paspor BCA untuk diganti ke kartu ATM berbasis chip sebelum 31 Desember 2021. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir tindak kejahatan dalam bertransaksi perbankan.

Direktur BCA papar Santoso mengatakan, penggantian ke kartu Paspor BCA ber chip wajib dilakukan agar tidak kesulitan saat ingin bertransaksi di bank maupun merchant-merchant yang telah mengganti mesin EDCnya. “Magnetic strip secara teknologi lebih mudah untuk disalin datanya jika dibandingkan dengan kartu chip yang secara teknologi lebih maju,” ujarnya dalam keterangannya, seperti dikutip Jumat (26/3).

Penggantian kartu chip dapat dilakukan dengan mesin Customer Service (CS) digital. Melalui CS Digital ini, para nasabah bisa mencetak kartu secara mandiri. Selain mengganti kartu, melalui mesin ini juga dapat digunakan jika kartu hilang, rusak, atau lupa PIN.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga