Gerusan TPA Cipayung Diduga Jadi Penyebab Perembesan Sampah di Sungai Pesanggrahan Hingga Pasir Putih

DEPOK – Sebuah video mengenai tumpukan sampah di kawasan Sungai Pesanggrahan diupload oleh akun Instagram milik @depokterkini, Minggu (14/2) sekira pukul 09.00 WIB, beredar dan viral di media sosial.

Dalam video tersebut, tampak seorang petugas kebersihan merekam tumpukan sampah di kawasan Sungai Pesanggrahan yang diduga bersumber dari tempat penampungan sampah (TPA) Cipayung milik Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Dari keterangan video itu, disebutkan bahwa timbunan sampah yang terbawa lewat arus sungai Pesanggrahan hingga menuju kawasan Pasir Putih, Sawangan itu sebagai dampak dari buruknya tatakelola petugas TPA Cipayung yang berjarak tidak jauh dari situ.

Untuk mengklarifikasi kejadian tersebut, wartawan Jabarekspres.com mencoba mengecek langsung ke lokasi peristiwa pada Minggu (14/2) siang sekira pukul 13.00 WIB.

Saat tiba di lokasi, awak media langsung menemui salah satu pertugas yang sedang berjaga di bagian depan pintu masuk TPA Cipayung untuk meminta keterangan.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh petugas, kejadian sebagaimana yang terekspos lewat video tersebut memang benar terjadi. Namun, peristiwa itu sudah beberapa waktu lalu.

“Setahu saya memang sempat ada kejadian timbunan (sampah) longsor akibat hujan deras kala itu. Tapi itu sudah lama bukan baru tadi,” kata Soleh yang merupakan petugas keamanan TPA Cipayung kepada Jabarekspres, Minggu (14/2).

Soleh mengatakan, Pemkot langsung bertindak cepat setelah mendengar kabar adanya gerusan sampah timbunan di lokasi TPA Cipayung.

Soleh juga membantah kalau kasus longsor (sampah timbunan) itu akibat buruknya tata kelola petugas TPA.

“Jadi tidak benar kalau kejadian tersebut akibat ketelodoran ataupun kelalaian dari pihak pengelola di sini,” tukasnya.

Meskipun begitu, setelah awak media meminta izin untuk meninjau area timbunan sampah yang tak jauh dari lokasi, terlihat banyak tumpukan sampah yang tergeletak di sejumlah selokan pinggir tempat penampungan sampah.

Sampah-sampah itu memenuhi sejumlah area selokan yang ada. Tidak hanya itu, selokan utama TPA menuju sungai juga tampak mengalami kerusakan akibat longsoran sampah.

Berdasarkan keterangan dari salah satu pengepul sampah yang berada di lokasi pemantauan, gerusan sampah yang menghancurkan beberapa titik selokan TPA itu terjadi sekira 4 hari lalu.

Tinggalkan Balasan