oleh

Mengais Rezeki dari Kotoran Hewan Ternak

Awalnya merasa prihatin dengan ulah para peternak Sapi yang membuang limbah kotoran ke air sungai. Namun, berkat keuletan Maman kotoran Hewan ternak itu menjadi bermanfaat dengan diubah menjadi pupuk alami yang bernilai

Sri Rahayu, Kota Bandung

Kotoran hewan ternak, bagi kebanyakan orang tidak begitu diliriksebagai barang yang memiliki manfaat. Tetapi, di tangan Maman Hidayat kotoran-kotoran hewan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Rumah Kompos Cisurupan yang terletak di RT 01 RW 08, Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung saat ini terus mengolah limbah kotoran sapi menjadi pupuk kompos.

Kotoran Ternak yang sebelumnya dibuang ke saluran air sungai, diolah Maman menjadi barang yang memiliki manfaat.

Rumah Kompos dibangun pada 2019 lalu. Meski masih seumur jagung, sedikit demi sedikit, Maman bersama rekannya terus berjibaku dengan kotoran sapi. Bau menyengat dari kotoran sudah menjadi biasa.

Rumah Kompos pertama kali didirikan pada Mei. Waktu itu masih dalam skala kecil.

’’Dulu masih diambil sendiri kotoran hewan menggunakan motor, tidak seperti sekarang langsung di kirim oleh peternak kesini,” ujarnya kepada Jabar Ekspres, Minggu (22/11).

Maman mengaku, pada awal kemunculan Rumah Kompos ini, dia bersama rekan-rekannya tergabung di dalam komunitas Anis Merah Zoothera Citrina (AMZT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga