oleh

Permohonan Nikah Usia Muda di Pengadilan Agama Soreang Membludak

SOREANG –Pengadilan Agama Soreang saat ini banyak yang mengajukan dispensasi menikah. Hal ini dilakukan agar anak yang usianya masih dibawah 19 tahun bisa melangsungkan pernikahan.

Humas Pengadilan Agama Soreang Suharja mencatat, sejak Jabuari 2020 sampai sekarang, ada 462 permohonan dispensasi nikah.

“Perkara permohonan dispensasi nikah membludak. Hal tersebut, dikarenakan Peraturan Mahkamah Agung yang terakhir terkait dispensasi nikah. Dimana, ada perubahan dalam Undang-Undang Perkawinan,” kata Harja kepada Jabar Eskpres, (28/8).

Baca Juga:  551 Calon Jemaah Haji dari Kota Cimahi Masih Tunggu Kepastian Kemenag

Saat ini, lanjutnya untuk usia pernikahan perempuan menjadi 19 tahun. Sehingga, dispensasi nikah yang ada di Pengadilan Agama Soreang, yang membawahi wilayah yurisdiksi Kabupaten Bandung, itu banyak sekali.

“Jadi, orang menjalani pernikahan dibawah umur itu banyak sekali. Dari Januari sampai sekarang ada 462 permohonan dispensasi, karena usia perempuan saat ini minimal 19 tahun,” kata dia.

Menanggapi masalah ini kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung Muhamad Hairun mengatakan,  di Kabupaten Bandung memiliki tingkat pernikahan dini yang cukup tinggi.

Baca Juga:  Cara Hindari Tag Video Porno di Facebook

Kabupaten Bandung dengan jumlah penduduk mencapai 3,7 jiwa, 30 persennya adalah remaja, usia perkawinan perempuan pun asalnya 16 tahun, namun, saat ini menjadi 19 tahun. Kondisi ini dukung oleh keluarga, bahkan anaknya sendiri untuk segera menikah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga