Tiga pilar penting pendidikan anak di Zaman Now

Tak jarang banyak orang tua yang menyerahkan anaknya untuk di didik oleh guru-guru di sekolahnya begitu saja, tanpa memberikan perhatian khusus tentang bagaimana perkembangan pendidikannya, bagaimana sikapnya, bagaimana nilai-nilainya dan lain sebagainya. Bahkan, untuk berkomunikasi di rumah tentang pembelajaran di sekolahnya, apakah yang sudah didapatkan selama seharian, ataupun adakah pekerjaan rumah yang harus dikerjakan nyaris jarang bahkan tidak pernah ditanyakan. Mungkin saja ada sebagian sekolah yang sudah menerapkan buku penghubung antara orang tua dan sekolah, namun kebanyakan tidak efektif dilakukan, dan pada akhirnya komunikasi melalui buku tersebut tidak berjalan baik.

Masyarakat juga harus terlibat dalam mendidik para generasi muda, khususnya para siswa. Masyarakat harus mampu memberikan kontribusi dan juga perhatian kepada para peserta didik, diantaranya adalah menegur ataupun meluruskan hal-hal yang tidak wajar yang dilakukan oleh para peserta didik di lingkungan masyarakat. Masyarakat diharapkan tidak mengabaikan akan semua hal yang berkaitan dengan pendidikan generasi penerus bangsa. Tentunya tidak satupun dari anggota masyarakat yang mau generasi mudanya rusak. Untuk itu, diperlukan peranan masyarakat untuk mengawasinya, dan melaporkannya ke pihak sekolah ataupun keluarga bilamana diperlukan.

Salah satu peranan masyarakat adalah dengan berupaya memberikan lingkungan yang baik untuk para generasi penerus bangsa ini. Tidak membiarkan jika para siswa dengan menggunakan seragam kumpul-kumpul dan melaksanakan aktifitas yang kurang baik seperti merokok ataupun perkumpulan yang meresahkan masyarakat.

Sinergitas dan kebersamaan pandangan antara keluarga, sekolah dan masyarakat dalam pendidikan akan mampu melejitkan prestasi-prestasi dari para siswa. Sejalannya niat dari ketiga pilar ini sangat amat dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi dan mengubah keadaan bangsa yang sudah telanjur rusak akibat modernitas tanpa batas.

Perlu kesadaran dari kita semua, bahwa kemajuan sebuah negeri itu tidak akan terlepas dari peranan ketiga pilar yang menjadi ujung tombak dalam pembentukan generasi hebat di masa yang akan datang. Sekolah, keluarga dan juga masyarakat sekitar.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan