oleh

Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital

MENJADI orang tua bijak di era digital seperti sekarang ini memang bukanlah perka­ra mudah. Apalagi dengan semakin maraknya penggu­naan gadget di tengah-tengah masyarakat. Sebabnya bera­gam, mulai dari konten yang terlalu bebas sehingga mem­buat anak-anak bisa menda­patkan sesuatu yang tidak sesuai dengan usianya. Atau hal lain seperti ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan bisa membahaya­kan anak, baik secara langs­ung atau tidak langsung.

Baca Juga:  Jelang AC Milan Vs Parma, Rossoneri Wajib Menang Demi Jaga Asa Juara

Gadget sifatnya untuk me­nenangkan sementara. Ba­nyak orang tua tidak menya­dari bahwa dampaknya baru terlihat setelah sekian tahun kemudian, misalnya sulit fokus di sekolah. Dampak bermain game di gadget bisa menyebabkan sulitnya anak meregulasi emosi. Dan jika sudah kecanduan main game, dapat mengganggu proses sosialisasi.

Supaya sebagai orang tua bisa menangani berbagai hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar orang tua bisa lebih bijak dan mam­pu mengawasi kegiatan anak-anak saat menggunakan perangkat digital mereka.

Baca Juga:  KPK Memanggil Sekda Cimahi Sebagai Saksi Kasus Dugaan Suap Stepanus Robin

Rajin Membangun Obrolan Bersama Anak

Cobalah untuk menyem­patkan waktu mengobrol dengan anak, setidaknya setelah jam makan malam atau sambil sarapan. Di waktu ini, usahakan tidak ada satupun anggota keluarga yang memegang gadget agar kualitas obrolan jadi lebih maksimal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga