Hapus Dendam Perang Bubat

”Peristiwa ini tak jarang muncul pada emosi kolektif kedua belah pihak yang mun­cul pada saat-saat tertentu,” ungkapnya.

Aher pun menegaskan, pe­ristiwa masa lalu hanyalah sebatas untuk dikenang dan jangan sampai menimbulkan persoalan atau permusuhan di masa kini. ”Tentu saja pe­ristiwa masa lalu hanya untuk dikenang dan tidak boleh menimbulkan persoalan apa­lagi permusuhan sampai masa kini pada anak cucu dari kedua etnis besar ini,” terang Aher.

”Karena itu kita sepakat pe­rasaan atau sentimen negatif yang dipicu peristiwa masa lalu perlu kita akhiri. Alham­dulillah hambatan-hambatan tersebut hari ini diakhiri di Yogyakarta,” tambahnya.

Menurutnya, ikatan yang lebih kuat adalah dalam kon­teks kebangsaan Indonesia dan keislaman yaitu ukhuwah Islamiyah. ”Ikatan yang lebih kuat di antara kita adalah da­lam konteks kebangsaan In­donesia dan keislaman uk­huwah Islamiyah, itu kan melebihi ikatan yang terkait dengan kesukuan,” tuturnya.

Tak sampai di situ, rencana­nya Aher juga akan mengusa­hakan nama jalan Pajajaran dan Siliwangi ada di Provinsi Jawa Timur. ”Mudah-mudahan, saya akan kontak Pakde Karwo (Gubernur Jatim) agar ada nama jalan Pajajaran dan Sili­wangi di Jatim begitupun, Jalan Hayam Wuruk dan Majapahit di Jawa Barat,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Gu­bernur DIY Sri Sultan Ha­mengku Buwono X mengang­gap, penamaan jalan ini merupakan peristiwa penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

”Peristiwa ini saya anggap menjadi peristiwa yang sang­at penting dalam sejarah per­jalanan bangsa,” kata Sultan.

Senada dengan Aher, Sultan juga punya harapan, sebagai dua suku bangsa terbesar di Indonesia tidak perlu men­gungkit konflik sejarah masa lalu yang penuh dendam, prasangka dan kebencian.

”Saya sependapat dengan apa yang dikatakan Pak Gubernur (Jabar). Kami sebetulnya hanya punya harapan yaitu dendam, prasangka maupun kebencian yang akhirnya menuntut kita untuk melupakan masa lalu yang penuh kekeliruan dan kesalahan dan kita juga perlu saling memaafkan,” ungkap Sultan.(yan/rls/rie)1

Tinggalkan Balasan