oleh

Kenalkan Budaya Sejak dari Usia Dini

jabarekspres.com, BANDUNG – Pengawas Dinas Pendidikan Kota Bandung Eddy Hermanto, menyebutkan kompetensi guru di kota Bandung harus terus meningkat, sehingga berimbas pada keprofessionalismeannya saat menjadi pendidik.

’’Jadi, mereka bisa lebih memperkenalkan jati diri bangsa kepada peserta didik khusunya budaya Sunda, yang dimiliki Jawa Barat,” kata Eddy saat workshop Pendidikan Berbasis Budaya Bagi Guru TK dan PAUD se Kota Bandung yang digelar Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

Dia berharap dengan adanya program seperti itu dapat lebih memperkenalkan budaya budaya Sunda yang saat ini sudah mulai hilang dan cenderung tidak dikenal lagi di kalangan anak-anak sekarang. ’’Kita ingin sama-sama menggali nilai-nilai kebudayaan yang sudah mulai hilang di kalangan anak dengan para guru PAUD,’’ tambahnya.

Karenanya sebut dia dikalangan tenaga pendidik harus memiliki satu kesepahaman bersama para guru untuk saling menjaga dan mengajarkan kearifan lokal yang di punyai Bangsa Indonesia khususnya di kota Bandung. ’’Saat ini, orang lebih suka bermain dan mempelajari budaya luar, dibanding budaya sendiri,’’ satirnya.

Terang dia, guru-guru yang menjadi tulang punggung sebagai pembelajaran harus mau memperdalam ilmu kebudayaan lokal. ’’Jadi mereka bisa membarikan pembelajaran kepada peserta didik cara memperkenalkan budaya dengan cara yang menyenangkan bagi anak,’’ tambahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.