oleh

Jaring Caleg, PSI Gunakan Merit System

jabarekspres.com, JAKARTA – Terobosan dalam sistem pencalegan akan dilakukan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjelang Pemilu 2018. Partai yang beranggota mayoritas anak muda itu akan menggunakan merit system atau sistem seleksi terbuka dalam menentukan sosok yang diusung dalam pemilihan anggota legislatif.

Ketua Umum PSI Grace Natalie menyatakan, upaya tersebut dilakukan untuk mendobrak sistem lama yang kental dengan nepotisme ataupun kolusi. Yakni, faktor kedekatan dan ekonomi menjadi aspek yang paling menentukan dalam pencalegan di tubuh partai.

Baca Juga:  Menkes Sebut Dunia Darurat Vaksin Covid-19

”Jadi, nanti tidak usah repot-repot cari nomor saya atau Sekjen (untuk berhubungan), cukup mengikuti prosedur yang sudah kita siapkan,” ujarnya di base camp PSI, Jakarta, baru-baru ini.

Grace menjelaskan, merit system diharapkan bisa memancing orang-orang yang memiliki kapasitas agar bisa keluar untuk mau terjun ke dunia politik. Selama ini, lanjut dia, faktor nepotisme dan kolusi yang kental membuat banyak orang pintar enggan atau bahkan tidak memiliki akses ke politik praktis. ”Sudah tiga tahun kita siapkan kendaraannya. Sekarang kami memanggil orang-orang terbaik untuk mendaftar,” imbuhnya.

Baca Juga:  Palsukan Surat Keterangan Antigen, Pasutri Ini Akhirnya Ditangkap Polisi

Mantan presenter berita itu mengatakan, untuk memastikan nama-nama yang diusung memiliki kapasitas, panel yang disiapkan pun tidak main-main. Tokoh-tokoh nasional dengan integritas dan kapasitas yang mumpuni sudah disiapkan. Di antaranya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, mantan Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto, dan mantan komisioner Komnas Perempuan Neng Dara Affifah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga