Menaklukkan ”Cima Coppi”, Tanjakan Tertinggi di Italia (1)

Ngomel-ngomel Bangga Lewati Dua Sisi Stelvio

Italia mengklaim punya tanjakan-tanjakan terindah di dunia. Setelah mengunjungi Pegunungan Dolomites dan Italian Alps dalam seminggu terakhir, sulit untuk membantah klaim tersebut.

Catatan AZRUL ANANDA

KALAU beruntung punya kesempatan ke Italia, coba hindari kota-kota besarnya. Pergilah ke dua kawasan pegunungan yang luar biasa Yang pertama Dolomites, bisa dicapai lewat jalan darat, tiga jam dari Venice (Venezia). Yang kedua Italian Alps, tepatnya Kota Bormio, yang bisa ditempuh jalan darat tiga jam dari Milan.

Tidak harus hobi cycling. Asal suka alam, keduanya mampu memberikan kesan mendalam. Mengagumkan, menakjubkan. Dan dua kawasan itu memang kawasan wisata dahsyat. Silakan googling. Ada banyak kegiatan bisa dilakukan, musim dingin maupun musim panas.

Kebetulan saya hobi cycling, dan bersama sejumlah saudara dan sahabat dari Indonesia telah menikmati siksaan tanjakan di dua kawasan tersebut.

Di kawasan Dolomites, kami ikut ajang gran fondo terbesar di dunia, Maratona dles Dolomites. Mencoba menaklukkan 138 km jarak dan 4.230 meter climbing dalam waktu sembilan jam.

Kemudian, kami ke kawasan Italian Alps, dekat perbatasan Swiss. Menetap di Kota Bormio, kami menjajal tiga tanjakan legendaris -dan super menyiksa- di sana.

Tidak terasa, dalam delapan hari, kami bersepeda enam hari. Total menempuh jarak hampir 500 km, menanjak total lebih dari 14 ribu meter!

Dan selama enam hari itu, kami telah menaklukkan enam tanjakan ”Cima Coppi”, plus satu lagi tanjakan yang masuk kategori terberat di Eropa.

”Cima Coppi” merupakan gelar yang diperkenalkan lewat ajang cycling profesional. Namanya diambil dari Fausto Coppi, salah seorang pembalap legendaris Italia.

Istilah ”Cima Coppi” setiap tahun diberikan untuk tanjakan dengan elevasi tertinggi di Giro d’Italia, ajang balap yang banyak disebut lebih menakjubkan dari Tour de France. Slogan Giro d’Italia pula yang mengklaim Italia punya pegunungan lebih indah: ”The hardest race in the most beautiful place”. Dan memang sulit untuk membantahnya!

Karena rute lomba setiap tahun bisa berubah-ubah, tanjakan yang menjadi Cima Coppi juga bisa berganti-ganti. Tapi, semuanya adalah tanjakan yang melewati ketinggian lebih dari 2.000 meter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan