Bobotoh Dinobatkan Jadi Supporter Paling Loyal

bandungekspres.co.id, Bandung – Bobotoh dinobatkan sebagai suporter terloyal pada gelaran Torabika Soccer Championship (TSC) A 2016. Itu tercatat pada data yang didapat dari PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku operator turnamen.

Okupansi Persib yang sebesar 61 persen adalah yang tertinggi daripada tim lain. Artinya, jika rata-rata jumlah 30 ribu kursi di stadion, di setiap laganya Persib disaksikan oleh 18.000 penonton. Sedangkan total penonton di TSC 2016 sendiri, sebanyak 2.334.733 orang.

Rupanya bobotoh juga tak hanya rajin datang di laga Maung Bandung. Ketika Atep CS berlatih, animonya sangat besar. Seperti di Lapangan, Lodaya, Kota Bandung, kemarin (16/1).

Pada sesi latihan perdana setelah libur dua pekan, ribuan bobotoh tampak memadati lapangan Lodaya. Mereka penasaran menunggu para penggawa anyar yang akan direkrut pada musim 2017 ini.

Diketahui, selain Dedi Kusnandar dan Matsunaga Shohei, Persib juga kedatangan kiper anyar Imam Arief Fadilah. Dalam latihan perdana ini pun menguji gelandang asal Brasil, Alex Wilian.

Popoy, 21, salah seorang bobotoh asal Baleendah, Kabupaten Bandung mengaku, ingin melihat pemain baru. Karena itu dia datang pada sesi latihan Persib. ”Ini pulang kuliah sengaja datang ke sini pengen lihat pemain barunya siapa saja,” kata Popoy.

Sebelumnya sempat heboh di media sosial akan ada pemain kejutan. Digadang-gadang Makan Konate akan datang pada sesi latihan perdana ini.

Namun pemain asal Mali tersebut tak kunjung datang. Para bobotoh tetap antusias menyaksikan latihan Persib. Tak jarang mereka memberikan tepuk tangan kepada para pemain idolanya yang sedang digodok asisten pelatih Herie Setiawan.

Akbar, 21, bobotoh asal Majalengka mengaku, sengaja datang ke sesi latihan Persib untuk mengobati rasa jenuh setelah seusai menjalani aktivitas sebagai mahasiswa. ”Daripada bosen juga di tempat kost ya saya pilih datang ke sini,” ucap Akbar.

Sementara itu, Ketua Bobotoh Maung Bandung Sejati (The Bombs), Nevi Efendi bersyukur bobotoh menjadi suporter paling rajin datang ke Stadion selama TSC A 2016. Dia tak heran, sebab suporter Maung Bandung sangat kompak. Itu terbukti kerap menunjukan aksi kreartif seperti koreografi di laga Persib. ”Alhamdulillah bobotoh bisa menempati urutan pertama angka partisipasinya. Ini bentuk kesolidan bobotoh semua yang memiliki kesolidan, totalitas dan loyalitas,” kata Nevi. (ryt/bbs/rie) 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan