oleh

Mobil Mural Tarik Perhatian

bandungekspres.co.id – PERHATIAN pengunjung Galeri AJBS seolah menuju ke satu titik. Yakni, mobil yang diletakkan di dalam ruangan. Bukan sembarang mobil, melainkan mural colorful yang menghiasi minibus itu.

Dalam pembukaan pameran seni bertajuk Muda Liar Berbahaya itu juga ditampilkan karya seni lain bergrafis mural penuh warna. Karya itu menunjukkan bahwa mural tidak hanya di tembok, tetapi bisa di media apa saja; lemari, kain, bahkan mobil.

Baca Juga:  Rekayasa Lalulintas yang Akan Dilakukan Polrestabes Bandung Guna Cegah Arus Mudik

Pameran hasil kerja sama Bunuhdiri Studio x Serikat Mural Surabaya dengan IFI Surabaya tersebut bertujuan untuk memberikan wadah bagi para seniman urban (street art) unjuk gigi. Kurator serta seniman urban X-Go menjelaskan, rangkaian kesenian mural tersebut memiliki tema besar Musim Semi di Tahun ’90-an.

Kenapa harus ’90-an? Sebab, menurut X-Go, masa itu merupakan era perubahan dan menjadi pusat kenangan bagi sebagian orang pada masa sekarang. ”Maka, saya ingin menarik isu-isu ’90-an yang dilebur dengan street art masa kini,” papar X-Go sambil menunjukkan mural penyanyi legendaris Nike Ardilla.

Baca Juga:  Jelang Pemberian THR Lebaran 2021, Ketua KSPSI: Yang Tahun Lalu Saja Masih Nunggak

X-Go sebenarnya prihatin karena selama ini mural kerap dikaitkan dengan aksi vandalisme. Padahal, grafis yang disampaikan selalu memiliki makna dan lebih tepat disebut karya seni.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga