Cabor Bermotor PON Jabar 2016 Dipindahkan Ke Sirkuit Tasikmalaya

bandungekspres.co.id – PERTANDINGAN balap motor PON XIX/2016 Jabar akan dipindahkan dari semula di Sirkuit Gery Mang Kabupaten Subang ke Sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya.

”Kemungkinannya cabang bermotor dipindahkan ke Sirkuit Kota Tasikmalaya. Semuanya sedang dalam pengkajian oleh PB PON XIX/2016,” kata Sekretaris Umum  Panitia Besar PON XIX/2016 dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jabar Ahmad Hadadi di Bandung kemarin (2/4).

Menurut Hadadi, rencana pemindahan tempat pertandingan cabang bermotor itu sudah dalam tahap pengkajian dengan untuk pimpinan di PB PON, KONI Pusat maupun pengurus cabang olahraga otomotif itu.

Dia menyebutkan, pemindahan lokasi pertandingan itu belum diputuskan, namun diperkirakan akan dilakukan secepatnya sehingga bisa langsung melakukan persiapan di lokasi yang baru.

”Dalam waktu cepat akan diputuskan oleh pimpinan. Pemindahan ini menyusul dengan ketidak siapan Kabupaten Subang, sehingga kita segera melakukan langkah alternatif, yakni rencana pemindahan ke Kota Tasikmalaya,” kata Hadadi.

Dia mengakui, PB PON XIX/2016 dan IMI telah melakukan peninjauan ke Sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya pekan lalu. Hasil peninjauan itu menurut Hadadi masih dilakukan evaluasi dan pengkajian secara intensif.

Pada prinsipnya, kata Hadadi sirkuit di Kota Tasikmalaya itu merupakan sirkuit permanen yang sering menjadi tuan rumah berbagai kegiatan kejuaraan balapan road race baik tingkat lokal maupun nasional.

”Sirkuit itu permanen dan sudah memiliki standar nasional karena kerap menjadi tuan rumah kejuaraan road race. Yang terpenting pemerintah Kota Tasikmalaya sangar respon dan siap mendukseskan PON XIX/2016 dengan menjadi tuan rumah cabang bermotor,” kata Ahmad Hadadi.

Menurut dia, pihaknya tidak bisa memaksakan pertandingan tetap digelar di sirkuit Subang yang saat ini masih perlu perbaikan, di sisi lain tidak ada yang menjadi penanggung jawab untuk tender dan pengadaan untuk perbaikan sirkuit itu.

”Kita sudah koordinasikan kondisi terakhir dengan Pemkab Subang, sehingga diputuskan untuk mengambil jalan alternatif memindahkan lokasi pertandingan ke sirkuit lain,” kata Hadadi.

Setelah ada kepastian penetapan Sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya, kata Hadadi selanjutnya akan difasilitasi penunjukkan tuan rumah melalui SK Gubernur Jabar terkait tempat pertandingan dan pembentukan Kepanitiaan Sub PON XIX/2016 di kota itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan