Jalak Harupat Perlu Perbaikan

SOREANG – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi mengatakan, Stadion Si Jalak Harupat (SJH) sudah siap 80 persen menggelar Piala Dunia U-20. Namun, ada beberapa fasilitas penunjang yang harus dibangun dan diperbaiki.

”SJH 80 persen sudah siap, tapi kalau dibandingkan dengan beberapa stadion lain, perlu ada perbaikan ekstra,” kata Dede usai meninjau Stadion Si Jalak Harupat, Kamis (9/1).

Dia mengaku, kedatangannya ke SJH karena mendapatkan informasi bahwa Tahun 2021 ini Indonesia terpilih menjadi tuan rumah diajang Piala Dunia U-20. Oleh karena itu, ada beberapa stadion yang sudah dipilih yang tadinya 10, namun saat ini menjadi 6 stadion dan kabupaten Bandung ini merupakan stadion ke-6.

”Saya melakukan peninjauan langsung ke stadion tersebut untuk mengetahui sarana apa saja yang perlu diperbaiki dan ditambah. Hal itu dilakukan juga agar dapat diketahui besaran anggaran yang diperlukan untuk renovasi. Karena nanti akan masuk pembahasan di APBN, saya berkepentingan untuk melihat kesiapan venue-venue tersebut,” akunya.

Meski sudah pernah direnovasi untuk gelaran Asian Games 2018 lalu sebanyak 30 Miliar, kata Dede, tetapi masih ada beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki. Seperti akses masuk stadion, rumput, dan utilitas publik lainnya. ”Untuk piala dunia butuh perbaikan lagi termasuk untuk akses, utilitas publik itu sendiri seperti WC dan lain-lain,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Dede, apabila  mengandalkan dari APBD saat ini, tentunya tidak akan sanggup untuk memperbaiki fasilitas SJH ini, maka harus ada dukungan dari APBN dan dukungan yang lainnya.

”Nah seberapa besar dukungan tersebut ini harus menunggu sampai FIFA atau PSSI memutuskan Apakah Jalak Harupat masuk sebagai venue yang akan dipilih, kalau sudah masuk sebagai venue yang dipilih, maka menjadi kewajiban kita bersama memperjuangkan baik dana pendamping daripada APBD maupun juga dana dari APBN, karena kalau kita sebagai tuan rumah APBN nya pasti ada,” tuturnya.

Selain itu, kata Dede, ada satu poin kendala yaitu masalah yang berkaitan erat dengan Klub kebanggaan masyarakat Bandung, yakni Persib. Apabila sudah ditetapkan menjadi venue piala Dunia nanti, Persib masih bisa main lagi di sini. Sebab, kalau itu ditetapkan sebagai venue untuk piala dunia, sehingga SJH di tahun sebelumnya di gelar Piala Dunia maka harus di blok.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan