117

Tsunami Selat Sunda 429 Orang Meninggal

Dua Korban Meninggal Warga Sumedang

DIMAKAMKAN: Dua jenazah warga Sumedang ini dimakamkan di TPU Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Senin (24/12).

SUMEDANG – Nanang Suherman, warga RT 03, RW 17, Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, dirawat di RSUD Sumedang. Pria berusia 60 tahun itu, merupakan salahseorang korban tsunami yang terjadi di Selat Sunda, Provinsi Banten, Sabtu malam (22/12).

Nanang yang tiba di RSUD Sumedang dalam keadaan kritis itu menurut Humas RSUD Sumedang, Iman Budiman sempat dirawat di Rumah Sakit Serang.

“Pasien tiba di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Sumedang pada hari Senin, 25 Desember 2018, pukul 01.45 dini hari,” kata Iman pada wartawan, kemarin (25/12).

Dipilihnya RSUD Sumedang setelah pihaknya mendapatkan permintaan bantuan dari RSDP Serang. Karena itu, pihak RSUD dengan tim reaksi cepat nya langsung menjemput korban. Menurut keterangan sementara Iman, Nanang diagnosa cedera di bagian dada dan kemungkinan ada trauma di bagian kepala.

“Kondisinya sudah mulai membaik, karena ditangani oleh dokter spesialis bedah syaraf dan korban merupakan peserta BPJS,” sambungnya.

Nanang Suherman bersama keluarga besarnya dari Jatinangor dan Subang, berlibur di pantai Carita. Semua anggota rombongan menjadi korban keganasan gelombang besar tsunami pada Sabtu malam 22 Desember 2018.

Empat anggota keluarga Nanang yakni Ita Puspitasari, 27, Feni, 33, Fico, 8, dan Rida Rosida, 52, meninggal dunia, sisanya termasuk Nanang, menderita luka-luka.

Sementara dua jenazah, Ita Puspitasari dan Rida Rosida telah dikebumikan di tempat pemakaman umum (TPU) Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Sumedang, pada Senin (24/12) lalu. Keduanya dimakamkan berdampingan. Sementara korban meninggal lainnya di makamkan di Kota Cimahi.

Rida diketahui meninggalkan anak dan seorang suami, Suprianto. Dan Ita Puspitasari meninggalkan suami tercintanya, Rizal dan anaknya Rivan.

Menurut Agusman, 38, pada saat kejadian sekira pukul 21.30 dirinya sedang berada di Villa di Kawasan Pantai Carita. Tiba-tiba dirinya dikejutkan dengan suara hantaman yang menghancurkan dinding. Air, tiba-tiba masuk.

“Bangunan hancur dan kami berhamburan sampai terseret air sejauh satu kilo meter,” kata Agusman, korban selamat dari rombongan keluarga Cipacing.

Dari penuturan Agusman pada wartawan yang mengonfirmasinya, mereka yang meninggal karena pada saat kejadian tengah tertidur lelap. Semua anggota keluarga asal Cipacing yang menjadi korban tsunami Banten, kini sudah lengkap ditemukan, tinggal Nanang saat ini dalam perawatan medis.

”Rahang sama punggungnya patah dan Yeti yang merupakan istri Nanang, mendampingi suaminya dan kondisi dia pun luka-luka,” jelasnya.

Sementara itu, Devin Herbinsa, korban yang selamat lainnya menyebutkan, mengatakan saat kejadian dirinya sedang berada di area villa sewaan. Tepat pada pukul 19.00 WIB, dirinya sempat merasa ada kejanggalan. Devin mendengar suara gemuruh seperti kapal terbang dari Gunung Krakatau. Padahal sebelumnya dia hanya melihat ada kilatan-kilatan pijar dari gunung yang tengah erupsi.

Selain warga Sumedang, Warga Kota Bandung pun ada yang menjadi korban, beruntung dia selamat. Yeni Kusumawati, Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung. Kini, dia dan kedua anaknya telah berada di rumah keluarganya di Cileunyi, Kabupaten Bandung. Yeni merupakan pejabat fungsional umum di UPT 8 KPAD. Sebelumnya, warga KPAD, Kota Bandung itu merupakan guru TK di Gegerkalong.

Pada Jumat, 21 Desember 2018 Yeni beserta dua anak dan empat saudaranya berlibur di Tanjung Lesung. Nahas, tsunami menimpa kawasan tersebut pada hari Sabtu, (22/12).

Dalam peristiwa tersebut, Yeni dan kedua anak selamat. Ketiganya sempat dikabarkan dibawa ke rumah sakit dan mengalami luka-luka. Sayangnya, keempat saudaranya tak mampu menyelamatkan diri dan meninggal dunia.

Sementara itu, jenazah putri kedua almarhum Argo alias Aa Jimmy, Nasya Rafani Aradya ditemukan, kemarin (25/12). Nasya menjadi korban bencana alam tsunami di Selat Sunda pada Sabtu malam, 22 Desember 2018. ”Saat ini tim Walicare tengah mengurus jenazah Nasya,” demikian keterangan resmi dari Ikatan Manajer Artis Indonesia (Imarindo).

Saat ini, tim Imarindo dan Walicare masih berupaya mencari putri pertama almarhum Aa Jimmy. Seperti diketahui, Argo memiliki tiga orang anak. Anak paling kecil yang berumur empat bulan dalam posisi yang aman karena tidak ikut dalam acara.

”Mohon doa untuk menemukan Putri anak pertama almarhum Argo atau Aa Jimmy, terima kasih,” ungkap Imarindo. Jenazah Argo dan istrinya ditemukan tak berapa lama setelah tragedi tsunami tersebut.

Jenazah Argo juga telah dimakamkan di rumah duka yang berada di Cianjur, Jawa Barat. Argo adalah seorang komedian yang kerap menirukan Aa Gym.

Argo bertindak sebagai penghibur dan pengisi acara sebelum tsunami menerjang. Ia tampil bersama grupnya, Jigo. Salah satu rekan Argo, Ade Jigo, berhasil selamat dari musibah tersebut. (mam/jpg/JPC/ign)

Data Terbaru Dampak Tsunami Selat Sunda

Jumlah Korban Hingga pukul 20. 24 WIB

Meninggal:
429 orang

Luka-luka:
1.485 orang,

Belum ditemukan:
156 orang

Mengungsi:
16.084 orang

KERUGIAN MATERIIL:
882 rumah yang rusak
73 penginapan rusak
60 warung rusak.
434 perahu dan kapal rusak
24 kendaraan roda 4 rusak
41 kendaraan ruda 2 rusak
1 dermaga rusak
1 shelter rusak

DAERAH PALING TERDAMPAK

Kabupaten Pandeglang
290 Korban tewas
1,143 Orang luka-luka
77 Hilang
14.395 Mengungsi

Kabupaten Lampung Selatan
108 Korban tewas
279 Orang luka-luka
9 Hilang
1.373 Mengungsi

Kabupaten Serang
29 Korban tewas
62 Orang luka-luka
68 Hilang
83 Mengungsi

Kabupaten Pesawaran
1 Korban tewas
1 Orang luka-luka
– Hilang
231 Mengungsi

Kabupaten Tanggamus
1 Korban tewas
– Orang luka-luka
– Hilang
– Mengungsi

DATA TIGA BENCANA BESAR DI TAHUN 2018

Gempa NTB

  • 564 meninggal
  • 1.886 luka-luka
  • 11.510 mengungsi
  • 149.715 rumah rusak
  • Kerugian Rp17,13 triliun

Gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah

  • 2.101 meninggal
  • 1.373 hilang
  • 4.438 luka-luka
  • 221.450 mengungsi
  • 68.451 rumah rusak
  • Kerugian Rp 18,47 triliun

Tsunami Selat Sunda (data sementara per 25 Desember 2018)

  • 429 meninggal
  • 154 hilang
  • 1.485 luka-luka
  • 16.082 mengungsi
  • 913 rumah rusak
  • Kerugian masih dihitung

Sumber: Badan Nasional Penanggulangan Bencanga (BNPB).

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.