Tol Bocimi Terkendala Pembebasan Lahan

Target Tol Cisudawu Tuntas Tahun 2020

169
BOCIMI
TINJAU LANGSUNG: Penjabat Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan (dua kiri) saat meninjau pembangunan jalan tol Bocimi.

BANDUNG – Penjabat Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan memastikan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) rampung pada September mendatang.

Kepastian tersebut diperoleh Iriawan saat dirinya melakukan peninjauan ke sejumlah titik tol Bocimi. Dia makin optimistis setelah rampungnya konstruksi Main Toll Road (jalur tol utama) sepanjang 15,3 kilometer. Sisanya hanya tinggal penyelesaian pada marka jalan dan penunjang lainnya.

”Dua bulan lagi siap digunakan ya, jalan utamanya sudah selesai hanya tinggal bagian sisinya saja,” ujar Iriawan.

ads

Iriawan mencatat sejumlah permasalahan yang harus segera diatasi. Salah satunya adalah pembebasan tanah untuk pembangunan jalan interchange ke arah Caringin.

”Yang menjadi catatan saya pembebasan tanah untuk interchange kearah Caringin, ini harus segera dituntaskan,” katanya.

Bila tol Bocimi ini rampung seluruhnya maka akan memangkas waktu tempuh lebih cepat dari arah Sukabumi ke Jakarta maupun sebaliknya yang biasanya bisa memakan waktu hingga enam jam.

Sementara itu kemarin Iriawan didampingi Kasatker Tol Cisumdawu Wida Nurfaida, Kapolres Sumedang, AKBP Hartoyo, melakukan peninjauan ke lokasi proyek pengerjaan Tunel (Terowongan, red) jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu).

Iriawan mengatakan, setelah dilakukan pengecekan dan komunikasi dengan pihak Satker Tol, proyek pengerjaan tol Cisumdawu keseluruhan akan selesai pada tahun 2020. “Pengerjaan dua terowongan kiri kanan, sepanjang 472 meter yang kini dalam tahap pengerjaan,” jelasnya.

Iriawan menjelaskan, begitupun pembebasan lahannya sudah mencapai 90 persen.

Pada kesempatan itu, Kasatker Tol Cisumdawu Wida Nurfaida mengungkapkan, proses pengerjaan terowongan sisi kanan sekira 50 meter akan rampung.

“Sisi kiri baru sekitar 160 meter. hingga saat ini, secara keseluruhan pengerjaan tiap fase nya tidak ada kendala yang berarti, semuanya dapat teratasi begitupun dalam pengerjaan terowong. insya allah akan selesai sesuai rencana,” ungkapnya.

Sementara itu, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia siap menjamin risiko yang timbul terhadap enam proyek jalan tol sepanjang 327 kilometer yang segera dilelang pemerintah.

Sementara itu, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Armand Hermawan menyatakan bahwa sejumlah risiko yang bisa dijamin oleh PII yakni risiko politik, keterlambatan pengadaan tanah, keterlambatan pengembalian dana talangan tanah, dan penyesuaian tarif.

”Dengan penjaminan, investor merasa lebih nyaman, tetapi kami harus melihat dulu bagaimana proyeknya untuk di-appraisal dan syaratnya proyek tersebut harus KPBU (kerja sama pemerintah dengan badan usaha),” katanya.

Sejauh ini, PII telah menjamin 10 proyek jalan tol yang dalam tahap konstruksi dengan total nilai penjaminan di atas Rp60 triliun.

Beberapa proyek jalan tol tersebut yakni Cisumdawu, Serang-Panimbang, Jakarta-Cikampek II Elevated dan Krian-Legundi-Bunder-Manyar.

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol menawarkan enam proyek jalan tol sepanjang 327 kilometer dengan nilai investasi Rp124 triliun untuk dilelang secara bertahap pada semester kedua tahun ini.

Keenam ruas tol tersebut yakni Semarang-Demak yang terintegrasi dengan pembangunan tanggul sepanjang 26,80 km dengan nilai investasi Rp15,34 triliun,  Semanan-Balaraja sepanjang 31,90 km dengan nilai investasi Rp16 triliun, Kamal-Teluknaga-Rajeg sepanjang 38,60 km dengan nilai investasi Rp23,16 triliun.

Selain itu, proyek yang dilelang ialah akses Pelabuhan Patimban sepanjang 37,70 km dengan nilai investasi Rp6,40 triliun, Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 184 km dengan nilai investasi Rp46,60 triliun, dan Jembatan Balikpapan-Penajam Paser Utama sepanjang 7,60 km dengan nilai investasi Rp16,50 triliun.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna mengatakan bahwa proses lelang keenam ruas tol tersebut diharapkan dapat selesai pada tahun ini. (mg1/fin/ant/ign)

~ads~
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.