Persib Kokoh di Puncak Klasemen

Raih Poin Satu Kontra Persipura

29
PAPAN ATAS : Kemenangan Persib dari Persipura yang digelar di Stadion Mandala Jayapura Senin (15/10) membuat posisi Persib masih kokoh di puncak klasemen yang berbeda beberapa poin dengan urutan kedua.

JAYAPURA– Gol Ghozali Siregar selamatkan Persib dari kekalahan di Stadion Mandala atas Persipura, Senin (15/10) sore. Sempat monoton di babak pertama, namun di babak kedua laga berjalan seru, jual beli serangan dilakukan kedua klub.

Hilton membuka keunggulan menit 52, semangat pantang menyerah Persib buat mereka menyamakan kedudukan menit 68. Raihan satu poin ini buat Persib kembali unggul di klasemen sementara Liga 1 di posisi pertama dengan 45 poin, berselisih satu poin dari posisi kedua dihuni PSM.

Menjalani laga tandang di Mandala, Supardi cs. mencoba untuk mengambil inisiatif serangan di menit-menit awal. Peluang langsung didapat Atep menit 4, niat melakukan tendangan justru membuka asa buat Muchlis Hadi untuk menyontek bola, sayang dia terlambat.

Persipura mulai keluar menyerang, Priska Womsiwor mencoba tendangan luar kotak penalti yang masih melayang. Dianggap protes berlebih, In-Kyun Oh diganjar kartu kuning oleh wasit Tabrani karena jatuh dan hilangnya bola dirinya tak dianggap pelanggaran.

Persipura menyusun lagi serangan, umpan lambung M Tahir disambut Hilton Moreira, Ardi Idrus cekatan memenangkan duel udara. Benturan tak terhindarkan antara Deden dan Addison Alves atas usaha terus Persipura melepas umpan-umpan ke kotak penalti Persib.

Sejauh 30 menit, ritme permainan berjalan dengan biasa saja. Kedua kesebelasan saling menjaga kedalaman dengan kokoh hingga tak terlalu banyak peluang tercipta. Namun, Mutiara Hitam terus mencari celah, salah satunya lewat sepak pojok.

Set-piece corner Ian Kabes menit 34 hampir buat Ricardo Salampessy cetak gol andai tidak diganggu Hariono. Selang dua menit tendangan memutar Addison masih tepat dipelukan M Natshir Mahbuby.

Melalui skema serangan balik, Persib meraih peluang emas, Ghozali Siregar dengan tendangan setengah volinya ke tiang jauh membentur mistar gawang dari gawang Mutiara Hitam yang dikawal Dede Sulaiman. Tidak berkembang Muchlis Hadi ditarik keluar digantikan Eka Ramdani menit 40.

Menyisakan watu dua menit, gawang Persib hampir bobol. Kemelut hasil duel yang terjadi antara Addison dan Deden membuat bola melambung ke arah gawang, beruntung Ardi lakukan penyelamatan terakhir menghalau bola. Ian Kabes diganti Elisa Yahya Basna karena cedera, skor 0-0 di babak pertama.

Usai turun minum pelatih Osvaldo Lessa tampak menekankan pemainnya untuk lebih agresif. Persipura mulai meningkatkan intensitas serangan, tujuh menit babak dua berjalan Hilton berhasil mencetak gol di dalam kotak dengan tendangan voli menerima crossing Yustinus Pae, 1-0.

Tak sampai di situ, Addison beri ancaman selanjutnya dengan shoot keras menit 54, bisa diantisipasi Deden. Terus menerus diserang, Persib berusaha membalas mencari gol penyama, set piece Supardi menit 64 di sayap kiri mengarah ke tiang jauh mencari kepala Victor Igbonefo, dalam kawalan Victor menandukkan bola ke arah tanah membuat bola memantul keras dan melayang di atas gawang.

Persib pantang menyerah, kerjasama apik satu dua Ghozali dan Atep di sisi kiri diselesaikan Gozo dengan tendangan menyusur tanah ke tiang jauh Dede Sulaiman, gol skor 1-1 menit 67. Gomez lalu mengganti lagi pemainnya Atep ditarik keluar dimasukkan Wildan Ramdhani menit 74.

Pemain jebolan Diklat Persib itu beri ancaman, percobaan ke gawang Persipura dengan tendangan jarak jauh menit 68 tipis di atas gawang. Persipura tak mau menyudahi pertandingan dengan hasil imbang, Prisca Womsiwor solo run dari sisi kanan pertahanan Maung Bandung untuk segera melepas tendangan keras, jauh melayang menit 83.

Hilton kembali menjadi aktor yang membuat Deden harus berjibaku kandaskan serangan, tendangan bebas melengkungnya buat Deden terbang menepis bola. Masa injury time Persib bisa unggul andai tendangan placcing Gozo tak menerpa mistar, satu poin dari tanah Papua. (bbs)

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.