Penghitungan Suara Ditarget Tuntas Besok

BANDUNG – Rekapitulasi suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat 2018, diprakirakan selesai sebelum magrib pada Minggu (8/7).

Dikatakan Komisioner KPU Jabar Divisi Teknis Endun Abdul Haq, seharusnya penghitungan dimulai dari hari ini (7/7). Namun kata Endun, pada tanggal tersebut ada rapat persiapan agar administrasi rekap suara rapi dan fokus.

Sehingga sebutnya penghitungan akan dimulai pada 8 Juli. Dan jika dimulai sejak pukul 9.00, maka diprakirakan akan tuntas sebelum pukul 18.00. Perkiraan itu termasuk paparan rekap hasil suara setiap KPU Kabupaten/Kota selama 3 menit. Selain itu juga tidak terjadi tanya jawab atau keberatan saksi yang berkepanjangan.

”Hingga saat ini, 27 kabupaten/kota sudah melaksanakan pleno untuk Pilgub. Hanya untuk kotak suara, tinggal empat kabupaten/kota yang belum tiba yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Bekasi, dan Kota Bogor. Insyaallah semuanya akan tiba di provinsi malam ini (semalam, Red),” kata Endun saat rapat koordinasi persiapan rekapitulasi suara Pilgub Jabar di Aula Setia Permana Jalan Garut No. 11 Bandung (6/7).

Dikatakan Endun, rapat ini juga sebagai filter atau seleksi peserta rekapitulasi suara, sehingga hanya orang-orang yang berkompeten yang bisa masuk ruangan rapat. Bahkan kata dia, hanya tiga pihak yang diundang yakni KPU Kabupaten/Kota, Bawaslu, dan saksi. Khusus Bawaslu akan menyertakan Panwaslu Kabupaten/Kota agar proses rekapitulasi bisa tuntas.

Sementara itu, Kabag Hukum, Teknis, dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar Teppy Darmawan menjelaskan undangan berjumlah 488, namun yang diperbolehkan masuk ke ruang rapat hanya 176. ”Sisanya di luar, karena kami menyediakan layar televisi,” sebutnya. (ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan