Jalan Pameungpeuk- Baleendah Rusak Berat

BALEENDAH – Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Bandung mengalami kerusakan yang cukup parah, salah satunya jalan paniisan Desa Malakasari – Jalan Rancamulya kecamatan Pameungpeuk. Jalan tersebut, menghubungkan antar desa di dua wilayah Kecamatan Baleendah dan Kecamatan Pameungpeuk.

Berdasarkan pantauan Jabar Ekspres, kerusakan terjadi di Jalan Paniisan yang berada di Kampung Pameutingan, Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah tepatnya di depan Kolam Renang Waterboom Paniisan dan Jalan Kampung Menger Desa Rancamulya Kecamatan Pameungpeuk.

Lubang di jalan tersebut cukup dalam hampir 10-30 cm. Para pengendara tidak bisa milih jalan yang bagus dan hampir semuanya berlubang.

Salah satu warga Pameungpeuk, Agus Herman, 35, mengatakan kerusakan jalan tersebut sudah terjadi bertahun-tahun.

“Ada lah lima tahun lebih, pernah diaspal, tapi rusak lagi, rusak lagi kalau kena hujan,” kata Dani kepada

Agus mengungkapkan jalan tersebut digunakannya sebagai jalan alternatif menuju Kota Bandung. Pasalnya jika menggunakan jalan Pameungpeuk-Dayeuhkolot di jalan tersebut kerap mengalami kemacetan dan ketika musim hujan terendam banjir.

“Kalau ke Jalan Raya Dayeuhkolot suka macet, selain itu harus muter jauh. Kalau jalan sini dekat, Pameungpeuk via Rancamanyar terus ke Kopo,” ungkapnya.

Menurut Agus, selain warga Pameungpeuk dan Baleendah, jalan tersebut juga kerap digunakan oleh warga Banjaran yang hendak berpergian ke Kota Bandung. Selain itu, tak jarang warga Kota Bandung pun juga menggunakan jalan tersebut karena, jalan itu bisa tembus ke Soreang.

“Jalan ini bisa tembus kemana-mana, bisa ke Banjaran, Katapang dan Soreang. Banyak yang gunakan jalan ini untuk menghindari macet, apalagi pada jam-jam sibuk. Saya berharap kepada dinas terkait untuk segera memperbaiki jalan ini,” jelasnya.

Kondisi jalan tersebut apabila malam hari lebih berbahaya, karena tidak ada penerangan jalan umum (PJU). Pada saat musim hujan lubang di jalan tersebut tertutup genangan air sehingga terlihat seperti kubangan.

Menanggapi keluhan masyarakat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) kabupaten Bandung melalui kepala UPT wilayah Banjaran Dudi Rudianan mengatakan, masyarakat sekitar dan pengguna jalan tersebut tidak usah hawatir karena pada tahun ini kedua lokasi jalan tersebut akan diperbaiki.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan