Mulai Pekan Depan, 8 Ruas Jalan di Bandung Barat Diperbaiki 

JABAR EKSPRES  – Dalam waktu dekat ini, delapan ruas jalan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan diperbaiki. Perbaikan itu dilakukan paling lambat pada Mei 2024.

Delapan ruas jalan yang masuk dalam rencana proyek perbaikan itu. Diantaranya berada di Kecamatan Padalarang, Cikalongwetan, Cihampelas, Sindangkerta, Cisarua, Parongpong, dan Lembang.

Kepela Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung Barat, Mochamad Ridwan mengatakan, perbaikan jalan di KBB tersebut dilakukan serentak dengan total anggaran mencapai Rp60 miliar.

“Anggaran perbaikan jalan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Insya Allah perbaikan akan dimulai Mei depan secara serentak,” katanya, Senin (22/4/2024).

BACA JUGA: Ribuan Personel Gabungan Amankan Sidang Putusan di Mahkamah Konstitusi

BACA JUGA: Pasca Lebaran, Volume Sampah  di Bandung Barat Meningkat 5 Persen

Ia menjelaskan 8 ruas jalan yang diperbaiki ada 3 jalan yang langsung menghubungkan dengan Kota Bandung yakni Jalan Punclut – Pagerwangi-Cijeruk  Kecamatan Lembang berupa hotmix sepanjang 1 kilometer.

“Sementara 2 ruas jalan lainnya berada di wilayah Kecamatan Parongpong yang berbatasan dengan Kota Bandung, yaitu Jalan Sersan Bajuri akan dihotmix sepanjang 2,6 kilometer,  dan Jalan Cihideung -Ciwaruga  sepanjang 200 meter berupa beton, dan hotmix 2,9 kilometer,” katanya.

“Perbaikan dengan menggunakan DAK juga akan dilaksanakan di Kecamatan Sindangkerta, yaitu Jalan Sindangkerta – Weninggalih berupa hotkix sepanjang 2,7 kilometer. Kemudian Jalan Cipatik -Nyalindung  di Kecamatan Cihampelas berupa beton 2,7 kilometer dan hotmix 1,6 kilometer,” sambungnya.

Ia menyebut, untuk perbaikan Jalan SP Tagogapu-Salakuning  di Kecamatan Padalarang berupa  beton sepanjang 1 kilometer, dan hotmix 1,6 kilometer.

“Kemudian di Kecamatan Cisarua akan dilaksananakan perbaikan Jalan Jambudipa – Citeurep, berupa beton 400 meter  dan hotmix  sepanjang 2 kilometer . Ini merupakan lanjutan proyek perbaikan jalan dari sebelumnya,” katanya.

Ia menegaskan, APBD KBB sangat terbatas, makanya Dinas PUTR terus melakukan koordinasi dengan pusat agar bisa ikut membantu membiayai perbaikan jalan di KBB.

“Alhamdulillah perbaikan jalan yang dibiayai DAK tahun 2024 lebih banyak ketimbang tahun 2023 yang hanya  4 ruas jalan,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan