Padahal Dekat dengan Pemda KBB, Jalan Rusak di Ngamprah Dikeluhkan Warga

JABAR EKSPRES – Warga Kampung Kebon Kalapa, Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengeluh rusaknya akses jalan milik Pemerintah Daerah (Pemda) yang tak kunjung diperbaiki.

Jalan sepanjang 800 meter dengan lebar 4 meter itu disebut sudah bertahun-tahun rusak. Selain mengeluhkan kerusakan ruas jalan. Jalan itupun salah satu biang kemacetan di kawasan Kebon Kalapa.

“Sudah bertahun-tahun jalan ini rusak, material aspal pun sudah mengelupas,” ungkap Ririn (28), warga setempat, Selasa 19 Maret 2024.

Apalagi saat musim hujan, menurutnya, jalan yang berlubang menjadi kubangan air. Tak sedikit pengendara yang alami kecelakaan karena tak tahu kondisi medan jalan.

BACA JUGA: Jalan Cikawari di Kabupaten Bandung Rusak Parah, Masyarakat: Naik Motor Serasa Naik Kuda

“Banyak yang celaka, karena kubangannya di sini dalam-dalam. Kalau hujan jadi semakin becek, begitu sebaliknya jika panas, pemandangan debu menghiasi rumah-rumah warga,” katanya.

Ia mengaku setiap hari melalui jalan ini pagi dan sore. Jalanan yang sempit ini penuh lubang menganga, sementara volume kendaraan terbilang tinggi.

“Jalan ini akses masuk ke kantor kecamatan ngamprah sampai ke Cipada, posisinya tepat di belakang stasiun Padalarang. Keberadaannya vital sekali, bahkan hanya berjarak 1 kilometer dari pusat pemerintahan KBB,” jelasnya.

BACA JUGA: Satpol PP KBB: Puluhan Baliho Balonbup Bandung Barat Ilegal

Selain jalan berlubang dengan lebar jalan yang kecil, Ririn menilai, kemacetan juga kerap terjadi saat memasuki jalan ini dari arah Underpass Stasiun Padalarang. Jalanan menanjak dengan lebar 4 meter menyebabkan sumbatan lalu lintas dari kedua arah.

“Saya berharap pemerintah daerah segera melakukan perbaikan jalan tersebut lantaran keberadaannya yang vital sebagai akses masuk warga Ngamprah,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Ngamprah, Agnes Virganty mengatakan, pihaknya sudah menerima keluhan warga atas kondisi jalan di Kampung Kebon Kalapa ini. Meski secara administratif masuk Kecamatan Padalarang, jalan ini juga akses utama bagi warga Ngamprah.

“Iya masuk Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang. Upaya sudah ada, semoga cepat terealisasi ya,” bebernya. (Wit)

BACA JUGA: Jangan Pakai Motor! Pemda KBB Siapkan Program Mudik Gratis

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan