Daging Ayam Paling Laku Diekspor

Bandung — Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat menyebutkan, tren penjualan daging ayam olahan menjadi komoditas peternakan yang paling laku di pasar ekspor.

”Dibanding sapi, atau domba, olahan daging ayam lebih banyak diminati di pasar ekspor terutama Jepang dan Timur Leste,” tutur Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, Dewi Sartika, belum lama ini.

Nilai ekspor daging ayam olahan dari Jabar ini, jelas Dewi, cukup baik dengan berkontribusi terhadap ekspor peternakan secara nasional yaitu sekitar 30 sampai 40 persen. Hal ini membuktikan bahwa kualitas daging ayam olahan dari Jawa Barat bisa bersaing di pasar ekspor.

Mudah-mudahan, ke depannya angka ekspor daging ayam olahan dari Jawa Barat akan terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan upaya peningkatan kualitas produk dan infrastruktur pendukungnya salah satunya RPH-RPH yang digunakan di Jabar sudah banyak diakui oleh dunia dalam hal ini standar internasional yang sudah diberlakukan.

”Baik RPH dan pemotongnya sudah banyak yang terstandarisasi internasional. Sehingga faktor ini menjadi salah satu faktor yang membuat produk kita bisa bersaing di dunia,” terangnya.

Di sisi lain, Dewi mengatakan, selain daging olahan yang mampu berkontribusi terhadap nilai ekspor Indonesia. Kuantitas produksi ayam potong Jawa Barat terhadap produksi ayam potong nasional pun cukup membanggakan yaitu 50 persen. ”Jabar sebenarnya produsen ayam potong, tetapi baru mampu berkontribusi 50 persen belum di atas itu, “ katanya.

Hal ini karena masalah pangan Jawa Barat masih perlu mendatangkan pangan dari daerah lain dan beberapa bahan masih impor. Sehingga, tidak bisa dipungkiri apabila salah satu biaya dalam produksi ayam potong naik maka akan sangat berpengaruh terhadap harga ayam sampai di tingkat eceran. ”Pakan di Jabar baru sedikit, kebanyakan masih mengambil dari daerah lain meski bibit ayam itu dari Jabar seperti Purwakarta, Subang, Tasikmalaya dan Ciamis,” ujarnya. (mg2/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan