6 Partai Absen Acara Bawaslu

SUKABUMI – Deklarasi Pemilu 2019 Bersih Berintegritas hanya dihadiri Sepuluh perwakilan partai politik di Kota Sukabumi. Ada enam partai yang tidak nampak dalam pembubuhan tanda tangan deklarasi tersebut.

Berdasarkan data dihimpun Sepuluh partai yang hadir tersebut ialah PDI Perjuangan, Nasdem, Berkarya, PKS. PKPI, PBB, Demokrat, PAN, PSI, dan PPP.

Ketua Bawaslu Kota Sukabumi Ending Muhidin mengatakan, kegiatan tersebut bukanlah sesuatu yang wajib.

Sehingga tidak diwajibkan semua hadir. Meskipun keinginannya semua partai hadir. ”Harapannya sih se­mua hadir. Mereka pun sudah kita undang semua. Dari 16 hanya 10 yang ha­dir,” ujarnya usai deklarasi, kemarin (25/11).

Meskipun begitu, dirinya yakin pesan deklarasi tersebut dapat tersampaikan. Apalagi dengan adanya media yang turut menyebarkan infor­masi kepada masyarakat. ”Sebenarnya parpol memi­liki tugas memberikan pen­didikan politik kepada masy­arakat. Alhamdulillah kita dibantu media dalam penyam­paian pesannya,” ucapnya.

Tak hanya itu, Bawaslu bercerita tentang beratnya menjadi anggota Bawaslu. Hal itu terkait penegakam regulasi. ”Jangankan salah, kami benar saja masih dip­ersalahkan. Tapi itulah tugas kami dalam mengawasi pe­milu,” ungkapnya.

Selain itu, pelaksanaan kam­panyenya pun cukup lama. Bahkan memakan waktu hingga tujuh bulan. ”Tentu saja semua ini tidak bisa kita lepas. Semua harus diawasi secara baik. Terutama jangan sampai kampanye hitam,” pungkasnya seperti dilansir laman RMOLJabar, kemarin.

Bawaslu Kota Cimahi me­minta peserta Pemilu 2019 terlibat langsung dalam pen­didikan politik masyarakat di tahun politik ini. Hindari politik uang, politik SARA, ujaran kebencian, hingga penyebaran berita hoaks yang bisa menjerumuskan masy­arakat pada pelanggaran pe­milu hingga pidana.

Deklarasi Pemilu 2019 Ber­sih dan Berintegritas juga dilakukan Bawaslu Kota Ci­mahi di Alun-alun Cimahi.

Ketua Bawaslu Kota Cimahi, Jusapuandy berharap dengan adanya kegiatan tersebut se­bagai upaya pihaknya mem­berikan pemahaman politik pada masyarakat agar mereka cerdas dalam berdemokrasi.

Di Kabupaten Indramayu kegiatan serupa juga digelar di Taman Cimanuk. Ketua Bawaslu Indramayu Nurhadi menyampaikan, deklarasi Pemilu 2019 bersih dan ber­integritas merupakan salah satu upaya Bawaslu, agar Pemilu 2019 berjalan aman, nyaman, lancar dan damai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan