Persib Belum Mainkan Michael Essien

jabarekspres.com –  Persib Bandung bakal menjalani laga persahabatan dengan format Trofeo menghadapi tuan rumah Purwokerto serta all star yang diisi para pemain asal Afrika di Purwokerto, Sabtu (18/3) mendatang.

Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman memboyong 16 pemain untuk ajang ini. Selain tidak diperkuat Gian Zola, Febri Hariyadi, Vladimir Vujovic dan Sergio Van Dijk, skuad berjuluk Maung Bandung itu tidak akan diperkuat rekrutan anyarnya Michael Essien.

Pelatih yang akrab disapa Djanur itu mengatakan untuk Zola, Febri kedua pemain ini absen setelah dipanggil Timnas Indonesia U-22, sedangkan Vujovic tengah berada di negaranya dan Sergio masih dalam proses pemulihan cedera. ”Essien dia kan pergi dulu baru ada ke sini nanti 25 mendatang,” kata dia.

Djanur menjelaskan, turnamen ini memang sudah dimasukan dalam agenda sejak jauh-jauh hari sebagai salah satu program pra musim sebelum kompetisi Liga 1 Indonesia dimulai. ”Memang sudah disiapkan jauh-jauh hari,” kata dia.

Di sisi lain, rekam jejak Essien yang mumpuni pun menyisakan tanda tanya besar, kenapa dirinya bersedia berseragam Maung Bandung. Kabar kemungkinan dia sudah sulit bersaing di Eropa lantaran masalah cedera pun merebak.

Namun Djanur menegaskan bahwa rekrutan anyarnya tersebut tak mempunyai cedera bawaan ketika datang ke Bandung. Sebab sebelum dia menandatangai kontrak bersama Persib, Essien sudah melewati serangkaian tes medis. Hasilnya, gelandang yang mengkilap karirnya di Chelsea itu lolos ujian dan dinyatakan layak gabung Persib.

”Tidak ada, karena begitu nyampe di kita dia melalui medical checkup jadi saya pikir dia sudah dinyatakan lulus (tes medis) jadi tidak ada masalah sepertinya,” ujar Djanur.

Meski begitu, Essien ternyata punya rekam medis yang buruk sebelum hijrah menuju Persib. Beberapa kali dia harus absen lama akibat cedera parah yang dideritanya. Bagian yang paling sering membuatnya harus naik meja perawatan berada di bagian lutut.

Dari data yang dihimpun dari situs Transfermarkt, Essien pernah menderita putus ligament musim 2008/2009. Dia harus absen dalam 173 hari dan melewatkan 37 laga bersama Chelsea. Cedera yang sama pun dialaminya musim 2011/2012 dan memaksanya menepi 184 hari. Selain itu dirinya sempat menderita cedera di wilayah Meniscal yaitu tulang rawan di lutut yang membuatnya menepi nyaris 6 bulan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan