Perkarakan Wasit Giacomelli

jabarekspres.com – TIFOSI Lazio belum bisa menerima kekalahan 1-3 melawan Torino pada lanjutan Serie A di Stadion Olimpico, Turin (11/12). Mereka menuding wasit Piero Giacomelli merugikan Biancoceleste, julukan Lazio.

Pada laga itu Lazio harus tampil dengan 10 pemain setelah Ciro Immobile diganjar kartu merah langsung jelang babak pertama selesai. Giacomelli mengusir Immobile setelah terlibat adu mulut dan menanduk bek Torino Nicolas Burdisso. Keputuasan itu dibuat Giacomelli setelah melihat tayangan ulang di video assistant referee (VAR).

Beberapa saat sebelumnya, Lazio juga tidak mendapatkan hadiah  penalti ketika pemain Torino Iago Falque terlihat menyentuh bola dengan tangan di kotak penalti. Padahal, dalam kejadian tersebut wasit berdiri di posisi yang berdekatan dengan lokasi kejadian.

“Kinerja wasit menyimpang dari regulasi pertandingan untuk mengidentifikasi sentuhan bola dengan tangan,” demikian pernyataan Laziale – tifosi Lazio – untuk protes mereka sebagaimana dilaporkan ANSA. “Ini diperburuk beberapa detik kemudian saat VAR juga menjadi tolok ukur wasit atas insiden antara Burdisso dan Immobile. Saat itu, Immobile langsung dikartu merah sedangkan pemain Torino tersebut tidak dihukum,” lanjutnya.

Tidak berhenti di situ. Aksi Laziale merembet hingga faktor nonteknis. Mereka mengetahui jika Giacomelli memiliki usaha kafe yang bernama Rosetti. Pada akun Facebook sang wasit terpampang foto mural legenda hidup legenda AS Roma Francesco Totti yang notabene adalah seteru abadi Lazio. Hal itu memancing kecurigaan fans Lazio bahwa Giacomelli memang tidak menyenangi klub kesayangan mereka.

Insiden itu memaksa FIGC (Federasi Sepak Bola Italia) turun tangan. Mereka mengutus penyidik untuk memeriksa Giacomelli dengan dugaan melanggar kode etik wasit. (io/ca/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan