Marquez Raih Pole di MotoGP Rep Ceko, Rossi Start Kedua

jabarekspres.com – Marc Marquez melanjutkan performa impresif saat kualifikasi MotoGP Rep. Ceko. Ia berhasil pole position, di depan Valentino Rossi dengan keunggulan 0,092 detik.

Juara dunia bertahan itu sempat membuat kesalahan pada lap pertama, di mana ia hampir terjatuh di Tikungan 3. Marquez lalu memperbaiki posisinya, naik dari posisi ke-12 untuk menempati posisi kedua. Sedangkan pada saat ini, Dani Pedrosa memimpin sesi.

Pertarungan memperebutkan posisi start terbaik baru dimulai ketika kualifikasi menyisakan waktu satu menit. Diawali dengan Jorge Lorenzo, yang berusaha mengejar ketertinggalan usai catatan waktunya dibatalkan, karena melewati batas trek di Tikungan 14.

Namun, Marquez lah yang kemudian keluar sebagai bintang utama. Ia mampu mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 54,981 detik. Rossi berupaya melampauinya. Akan tetapi, The Doctor harus puas start kedua. Catatan waktunya tidak dapat menggusur Marquez dari puncak.

Ini merupakan pole keempat Marquez pada musim 2017, setelah start terdepan di Argentina, Austin dan Sachsenring. “Dalam kualifikasi ini, saya selalu menekan hingga limit. Terkadang sulit dengan ban baru dan saya kesulitan dengan ban yang pertama dipakai. Tapi catatan waktu tidak begitu buruk,” ucapnya usai kualifikasi.

“Lalu, pada run kedua, saya bisa meningkatkan beberapa titik. Saya senang. Biasanya di sini [Brno] saya banyak kesulitan. Kecepatan saya tidak seperti di Sachsenring, tapi saya siap untuk bertarung demi podium.”

Pedrosa membawa Repsol Honda start di baris depan, dan sekaligus melengkapi tiga besar. Ia lebih lambat 0,138 detik dari rekan setimnya. Andrea Dovizioso naik di posisi keempat, mengungguli Cal Crutchlow. Posisi start keenam akhirnya ditempati Lorenzo. Pencapaian yang terbilang apik.

Maverick Vinales akan start dari posisi ketujuh. Perbaikan catatan waktunya tak cukup mengantarkan dia menembus barisan depan. Danilo Petrucci, usai lolos ke Q2, berhasil menempati posisi start kedelapan.

Alvaro Bautista, juga melaju ke Q2 usai menjalani Q1, berada di posisi start kesembilan. Sedangkan rookie Yamaha Tech 3, Johann Zarco, melengkapi 10 besar dengan selisih 1,094 detik.

Satu kecelakaan mewarnai jalannya sesi Q2, ketika Aleix Espargaro terjatuh di Tikungan 13. Sementara adik laki-lakinya kecelakaan saat Q1. Begitu pula rookie Aprilia, Sam Lowes, yang terjatuh di Tikungan 12.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan