Marc Marquez Akui Emosional di Akhir Karirnya Bersama Honda  

Jabar Ekspres – Marc Marquez mengakhiri musimnya bersama tim pabrikan Honda dengan penuh emosional di balapan utama GP Valencia, Minggu (26/11). Meski gagal finis karena crash dengan Jorge Martin, Marquez tetap puas dengan pencapaiannya selama 11 tahun bersama Honda.

Marquez memulai balapan dengan baik dan langsung menduduki posisi ke-5 di lap pertama. Ia kemudian terus melesat dan berhasil naik ke posisi ke-3 di lap ke-11.

BACA JUGA: 11 Tahun Bersama, Marc Marquez Pamit dari Honda

Namun, momentum Marquez terhenti di lap ke-15 ketika ia bersenggolan dengan Martin dan terjatuh. Kejadian ini membuat Marquez gagal finish dan mengakhiri musimnya di posisi ke-15 klasemen.

Meski demikian, Marquez tetap tersenyum di akhir balapan. Ia mengaku sangat emosional karena balapan ini sekaligus menjadi momen perpisahannya dengan Honda.

“Tentu saja itu adalah hari Minggu yang sangat emosional, sejujurnya merupakan pekan yang sangat emosional dan pada beberapa titik, sulit untuk menahan perasaan tersebut,” ujar Marquez.

Selama 11 tahun di Honda, Marquez telah mengoleksi enam gelar juara dunia, lima triple crown, 59 kemenangan, 101 podium, 64 pole, 59 catatan lap tercepat, dan 2.626 poin di kelas balap MotoGP.

Ia mengakhiri tahap perjalanannya bersama Honda sebagai pembalap Honda tersukses dalam hal kemenangan di kelas premier. Marquez juga dinilai meninggalkan sederet prestasi dan rekor yang tidak akan mudah dilampaui.

“Hal terpenting hari ini adalah mengingat semua momen luar biasa yang saya alami bersama HRC dan Tim Repsol Honda, mereka akan selalu menjadi tim dalam hidup saya,” kata Marquez.

BACA JUGA: Back to Back! Bagnaia Berhasil Pertahankan Gelar Juara Dunia MotoGP

“Kami telah menulis kisah yang luar biasa bersama-sama dan mereka telah menjadi lebih dari sekadar tim — mereka telah menjadi teman dan keluarga saya. Terima kasih atas segalanya sejak 2013, saya tidak akan melupakan kalian semua,” ujarnya menambahkan.

Marquez akan pindah ke tim satelit Ducati, Gresini Racing, untuk mengarungi MotoGP musim 2024. Musim mendatang akan dimulai di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret 2024.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan