Listra Unpar Kembali Ukir Prestasi Lewat Misi Budaya di Korea Selatan

JABAR EKSPRES – Unit Kegiatan Mahasiswa Lingkung Seni Tradisional Universitas Katolik Parahyangan (UKM Listra Unpar) kembali mengukir prestasi di kancah internasional  di Andong International Mask Dance Festival 2024, Korea Selatan.

Dalam kompetisi individu, Dede Ericka berhasil mendapatkan Participant Award sebagai bentuk pengakuan atas penampilan memukaunya. Sementara Vitania berhasil menjadi satu-satunya delegasi dari Indonesia yang masuk final dan meraih medali perak. Selain itu, dalam kompetisi grup, Listra Unpar berhasil meraih medali perunggu dan mendapatkan uang tunai senilai 500.000 KRW.

Tahun ini, delegasi Listra terdiri dari 14 mahasiswa, 1 pelatih tari, serta 2 pendamping lainnya. Listra kembali membawa nama Indonesia dan kekayaan budaya Nusantara ke panggung global. Festival yang diadakan di Andong, Korea Selatan, ini mempertemukan berbagai negara Asia seperti Jepang, Taiwan, Thailand, Malaysia, Sri Lanka, dan negara luar Asia seperti Russia, Latvia, dan New Zealand untuk berpartisipasi dalam festival budaya internasional dari 26 September hingga 6 Oktober 2024.

Di Andong International Mask Dance Festival 2024, UKM Listra Unpar tidak hanya berpartisipasi dalam festival, tetapi juga mengikuti kompetisi yang menantang. Dalam festival tersebut, Listra memukau penonton dengan penampilan beberapa tarian ikonik, termasuk Tari Surili, Tari Renggana, Mbarang, Tari Topeng Kelana, dan Tari Sugriwa Subali. Sementara itu, dalam kompetisi grup, Listra membawakan tarian Ramayana atau Sinta Obong yang menawan. Sejumlah anggota juga menunjukkan bakat luar biasa mereka melalui kompetisi individu, seperti Dede Ericka Ernanda dengan Tari Kencana Wungu, Gisela Clarista Citra dengan Tari Telek, Vitania Untari dengan Tari Jauk Keras, dan Rizal Sayjulfianur dengan membawakan Tari Ponggawa Arya.

Ketua pelaksana program Misi Budaya Listra Unpar 2024, Levina Charisa Pilongo, berbagi pengalaman berharga selama perjalanan mengesankan ini.

“Saya sangat bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan kemenangan ini bagi kami, ini merupakan pencapaian yang besar bagi Listra Unpar untuk mengharumkan nama Indonesia pada kompetisi internasional. Hal ini menandakan bahwa seni kebudayaan Indonesia itu sangat indah dan menarik bagi masyarakat internasional,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari pernyataan tertulisnya, Rabu (23/10/2024).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan