Usai Diresmikan, Pemerintah Prioritaskan Revitalisasi Infrastruktur Pasar Awi Campernik

JABAR EKSPRES – Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, meresmikan ekowisata dan Pasar Awi Campernik setelah melalui beberapa tahap uji coba dalam beberapa bulan terakhir.

Peresmian ini disambut antusias oleh masyarakat Cimahi dan sekitarnya, yang semakin menikmati keberadaan tempat tersebut.

“Peresmian ini diharapkan memberikan spirit baru bagi kita untuk terus mengembangkan atraksi wisata, termasuk ekowisata dan Pasar Awi Campernik, serta atraksi-atraksi lainnya di masa depan,” ujar Dicky pada media di lokasi, Minggu (20/10/2024).

Dicky menjelaskan, pada minggu pertama dan ketiga, banyak permintaan untuk membuka pasar ini setiap minggu.

Jumlah pedagang di Pasar Awi Campernik juga telah meningkat dari belasan menjadi sekitar 30 pedagang. Dicky mengatakan, pengelolaan pasar oleh komunitas setempat dinilai sangat membanggakan.

“Pemerintah hanya perlu memberikan stimulus dan fasilitas, selebihnya komunitas yang menjalankan. Ini kabar baik bagi kita dalam mengembangkan ekowisata dan Pasar Awi Campernik,” tambahnya.

Lebih lanjut, Dicky menyebutkan akan ada variasi kegiatan lain, termasuk pelayanan publik seperti administrasi kependudukan (Disdukcapil) dan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dapat diakses oleh masyarakat saat berwisata pada hari libur.

“Selain itu, kami juga sedang menata parkir dan menambah fasilitas lain. Di Taman Kahati, kami berencana menonjolkan tanaman endemik Cimahi yang bisa diolah menjadi makanan atau obat, sehingga tempat ini bisa menjadi lokasi edukasi,” jelasnya.

Dicky juga menekankan, UMKM yang terlibat dalam Pasar Awi Campernik sudah melalui kurasi yang ketat. Makanan yang dijajakan di sini harus bebas dari bahan perasa, pengawet, dan penyedap, dengan tujuan mempromosikan makanan sehat.

“UMKM Kota Cimahi yang berpartisipasi di sini akan belajar untuk naik kelas, dengan memastikan produksi makanan mereka sesuai kriteria yang kita inginkan. Ini akan menjadi daya tarik bagi masyarakat yang membutuhkan makanan sehat,” tutup Dicky.

Salah satu pengunjung, Heryana (38), warga Cipageran, merasa bangga dengan keberadaan Pasar Awi Campernik. Ia bersama keluarganya sengaja datang untuk berolahraga dan menikmati suasana pasar.

“Sengaja ke sini karena hari Minggu, jadi sekalian olahraga juga bareng keluarga,” ujarnya. Menurutnya, Pasar Awi Campernik adalah tempat wisata yang cocok untuk keluarga, di tengah hutan bambu yang rindang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan