Pemkot Bandung Lakukan Edukasi serta Keluarkan Surat Edaran Peringatan Kesiapsiagaan Gempa

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah mengeluarkan surat edaran berisi peringatan terkait kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa bumi agar masyarakat bisa meningkatkan kesiasiagaan pada tahap pra, saat dan pascabencana.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Gun Gun Sumaryana mengungkapkan surat edara tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Barat Nomor 128/PB.01.03/BPBD merespons informasi dari BMKG terkait kesiapsiagaan beberapa wilayah Zona Megathrust Indonesia.

Gun Gun juga mengungkapkan pihaknya telah menyusun berbagai materi edukasi, seperti buku saku kesiapsiagaan gempa bumi dan buku cerita yang bertujuan mengenalkan bahaya gempa sejak dini kepada anak-anak.

BACA JUGA: Pola Tanggal Misterius di Balik Karir dan Kehidupan P Diddy, Jay Z, dan Beyonce

‘’Beberapa arahan dari hasil rapat bersama BMKG dan Pemerintah Provinsi Jawa bara telah diimplementasikan di berbagai kota dan kabupaten termasuk di Kota Bandung untuk mengeluarkan surat edaran kesiapsiagaan bencana gempa bumi,’’ kata Gun Gun di kutip dari ANTARA, Selasa (8/10).

Gun Gun mengatakan meskipun diharapkan gempa tersebut tidak akan terjadin namun langkah-langkah kesiapsiaan harus terus dilakukan.

Pihaknya, kata Gun Gun memperkenalkan langkah-langkah sederhana yang harus diambil saat gempa terjadi kepada anak-anak. hal ini penting sekali untuk membangun pemahaman dari usia dini.

BACA JUGA: Tawarkan Harga Murah dan Berkualitas, Layanan Aselole Stiker Kaca Hadir di Kota-Kota Besar! Begini Cara Pemesanan  

Gun Gun menambahkan, Diskar PB juga menggencarkan sosialisasi di 47 wilayah kota bekerja sama dengan perangkat kewilayahaan dan OPD terkait, seperti kelurahan dan RW. Selain itu, simulasi tanggap darurat terus diadakan di berbagai lokasi vital, termasuk rumah sakit.

‘’Terus kita juga sudah melaksanakan beberapa simulasi, baik yang inisial dari tempatnya ataupun diri kita termasuk yang dianggap vital, sepereti di Rumah Sakit Salamun,’’ ujarnya.

Untuk kesiapsiagaan prabencana, Diskar PB juga mengajak masyarakat menyiapkan rencana untuk penyelamatan diri jika gempa bumi terjadi. Di antaranya melakukan latihan yang bermanfaat saat menghadapi reruntuhan akibat gempa bumi.

BACA JUGA: Waspada Potensi Gempa Megathrust dan Bencana Musim Hujan di Kabupaten Bandung

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan