Naskah Khutbah Jumat tentang Hikmah Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

JABAR EKSPRES – Bersedekah merupakan salah satu amalan ibadah utama yang sangat dianjurkan dalam Islam, sedekah di waktu tertentu ternyata memililiki keutamaan yang luar biasa, salah satunya sedekah di hari jumat.

Seperti apa keutamaan dan kemuliaan sedekah di hari jumat, bisa kita ketahui dari pemaparan dalam naskah khutbah jumat yang disampaikan oleh Ust. Qeis Aimar pada Khutbah Jumat di Masjid Darussalam Al-Ikhlash, berikut ini :

الحمد لله العزيز الغفور، الذي جعل في الإسلام الحنيف الهدي و النور، أشهد ألا إله إلا الله، و أشهد أن محمدا عبده ورسوله لا نبي، ولا رسول بعده، اللهم صل و سلم علي حبيبنا و شفيعنا و قرة أعيننا سيدنا محمد، و علي أله و صحبه، و من تبعهم بإحسان إلي يوم الدين.

فيا عباد الله, أوصيكم و إياي نفسي بتقوى الله، فقد فاز متقون قال الله تعالي في كتابه الكريم، وهو أصدق القائلين، أعوذ بالله من الشيطان الرجيم، بسم الله الرحمن الرحيم

يا أيها الذين أمنوا اتقوا الله حق تقاته, ولا تموتن إلا و أنتم مسلمون, و قال أيضا, ياأيها الذين أمنوا اتقوا الله و قولوا قولا سديدا، يصلح لكم أعمالكم، و يغفرلكم ذنو بكم، و من يطع الله و رسوله فقد فاز فوزا عظيما

Hadirin sidang jumat yang sama sama dimuliakan Allah SWT

Tak henti hentinya kita panjatkan puja serta puji syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan kita nikmat iman dan nikmat islam, karunia yang teramat besar yang Allah karuniakan kepada hamba hambanya, semoga kita selalu termasuk ke dalam golongan hamba hambanya yang mendapatkan hidayahnya dan inyahnya.

Sholawat beserta salam marilah kita panjatkan kepada baginda nabi besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada sahabat sahabatnya,kepada para tabiin dan tabiatnya dan kita selaku ummatnya, semoga di hari akhir nanti,kita mendapatkan syafaatul uzma dari baginda nabiyuna Muhammad SAW

Baca juga : Ingin Cepat Kaya?, Perbanyak Sedekah, Ini 7 Manfaat Sedekah Lainnya

Pada kesempatan yang mulia ini, uuuusiikum wa iyyya yaa nafsii,,marilah kita senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, Taqwa dalam arti senantiasa berupaya dan berusaha untuk sellalu menghadirkan Allah di setiap situasi dan kondisi dengan cara berdzikir dan menjalankan segala perintahnya serta menjahui segala laranganya, bahwasannya ketaqwaan dan keiimanan kita seperti wadah, dan amal amalan baik kita itu dipermisalkan seperti air, apabila keimanan dan ketaqwaan kita setipis kapas, maka air yang masuk ke dalam wadahnya akan terbuang dengan sia sia, dalam maksud di sini bahwasannya amal baik kita semua,tidak ternilai apa apa apabila kita tidak mempunyai keimanan dan ketaqwaan yang kuat kepada Allah SWT.

Hadirin sidang jumat yang sama sama dimuliakan Allah SWT

Sedekah atau shodaqoh berasal dari kata “shadaqa” yang artinya jujur, benar, memberi dengan ikhlas. Ini mengisyaratkan bahwa orang-orang yang bersedekah berarti telah berlaku jujur kepada dirinya sendiri mengenai kelebihan yang telah di berikan oleh Allah. Sedekah meliputi sedekah wajib (zakat) dan sedekah sunat (at-tatawwu) atau sedekah spontan dan sukarela yang sama artinya dengan infak. Allah SWT berfirman:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan