Empat Bangunan di Bogor Ludes Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

JABAR EKSPRES – Empat bangunan yang berlokasi di Jalan protokol R3, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor dilanda kebakaran hebat pada Jumat (4/10/2024) pagi.

Deretan toko dan rumah tinggal itu ludes terbakar hingga menimbulkan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Penyebab pasti kebakaran belum diketahui, namun diduga berasal dari tumpukan kardus yang terbakar dan menjalar ke toko barang bekas di sebelahnya.

Api dengan cepat membesar dan melahap deretan toko dan rumah yang berlokasi di wilayah RT 01/RW 05, Kelurahan Katulampa tersebut.

BACA JUGA:Blusukan Sambil Borong Dagangan, Adhitia Yudisthira Bantu UMKM di Cimahi

Material bangunan yang mudah terbakar membuat api merembet dengan cepat ke bangunan lainnya.

Berdasarkan data aparatur setempat, keempat bangunan yang dilahap api adalah milik Yatim, Enday, Wardi, dan Amsol.

Saksi mata, Mad Suro (49) mengungkapkan, awalnya dirinya tengah makan di warung makan di warung, namun tak lama anaknya memberitahu bahwa ada kepulan asap di belakang rumah.

Mad Suro sontak mengecek peralatan dapur untuk mencari sumber api, namun ternyata dari dapur tidak ada api, Mad Suro pun langsung kembali ke tumpukan kardus yang terbakar.

BACA JUGA:BI Sebut Uang Pecahan Rp10 Ribu Emisi 2005 Tidak Berlaku Lagi

“Waktu balik api sudah mulai membesar ke bagian lain. Kan materialnya mudah terbakar,” ungkapnya kepada wartawan saat ditemui di lokasi.

Dari kobaran api di bangunan penampungan limbah inilah api langsung merembet ke bagian lain, salah satunya sebuah toko barang bekas yang menjual berbagai peralatan kantor dan mini market.

Sebanyak tujuh unit mobil damkar Kota Bogor langsung dikerahkan untuk memadamkan api.

Sementara itu, Lurah Katulampa, Irwansyah mengungkapkan saat ini pihaknya tengah mendata jumlah total kerugian yang dialami oleh pemilik empat bangunan tersebut.

BACA JUGA:Meski Kemahalan, Saksi Sebut PT Timah Tetap Setujui Kerja Sama 5 Smelter

“Ini kebakaran menelan empat bangunan, kerugian bisa mencapai lebih dari ratusan juta rupiah,” ungkap Irwansyah.

Selain menimbulkan kerugian materi, kebakaran juga menyebabkan kemacetan panjang di Jalan R3 karena satu ruas jalan harus ditutup untuk evakuasi. Kendaraan dua arah terpaksa dialihkan ke satu jalur yang tersedia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan