Fugol Coffee Roasters Berdayakan Petani Kopi Lewat Tokopedia dan ShopTokopedia

BANDUNG – Selama 15 tahun, bersama mitra strategis, Tokopedia dan ShopTokopedia secara konsisten memberdayakan pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal, termasuk kategori makanan dan minuman, menjadi raja di negeri sendiri, agar bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023, produksi kopi di Indonesia mencapai lebih dari 760.000 ton. Selain itu, 10 provinsi penghasil kopi terbesar menurut data BPS meliputi Sumatra Selatan, Lampung, Sumatra Utara, Aceh, Bengkulu, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatra Barat.

Head of Communications E-commerce Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan, menyampaikan, dalam menyambut Hari Kopi Sedunia 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya memberikan panggung bagi para produsen maupun penjual kopi untuk menjangkau pasar domestik yang lebih luas lagi melalui berbagai inisiatif seperti Tokopedia NYAM! dan Tokopedia Coffee Fest. “Kami berharap semakin banyak pahlawan ekonomi yang muncul di industri kopi Indonesia,” harap Aditia di Bandung, Senin 30 September 2024.

Selain itu, Tokopedia dan ShopTokopedia juga terus menggencarkan program ‘Pelatihan Pascapanen dan Peningkatan Mutu Biji Kopi’ bagi petani kopi lokal agar bisa semakin berdaya saing dengan meningkatkan kualitas biji kopi. Sejauh ini, Tokopedia dan ShopTokopedia telah memberi pelatihan bagi lebih dari 1.000 petani kopi dari Lahat, Sumatra Selatan, dan akan terus merambah ke kota lain.

Tokopedia dan ShopTokopedia pun terus menggencarkan beragam kampanye serta fitur Live Shopping yang dapat mendukung pelaku usaha lokal mempromosikan produk secara online lebih interaktif dan menarik. Fitur ini turut dimanfaatkan oleh salah satu UMKM kopi asal Bandung, Fugol Coffee Roasters, dalam meningkatkan eksposur terhadap brand.

Kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia memberi dampak positif terhadap perkembangan penjualan produk kopi Indonesia

Berkat kehadiran beragam inisiatif yang secara konsisten diimplementasikan Tokopedia dan ShopTokopedia, tercatat bahwa, Groceries (termasuk makanan dan minuman hingga kecantikan dan perawatan tubuh), Rumah Tangga, dan Elektronik menjadi kategori paling laris secara nasional selama kuartal III 2024.

Data internal Tokopedia menunjukkan bumbu dan bahan masakan, minuman termasuk kopi, perawatan wajah, perlengkapan kebersihan dan obat-obatan menjadi produk pada kategori Groceries yang paling laris sepanjang kuartal III 2024.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan