Teras Cihampelas Bisa Jadi Sumber PAD Potensial

JABAR EKSPRES, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah gencar mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), lewat berbagai strategi optimalisasi sumber daya yang tersedia.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, A Koswara menyebut pemanfaatan ruang, jadi corong sumber PAD Kota Bandung. Menurutnya, sumber daya ruang jadi aset yang penting bagi Kota Kembang ditengah tak dimilikinya sumber daya alam yang melimpah.

“Ruang ini dimanfaatkan dengan berbagai kegiatan yang dapat menimbulkan pendapatan bagi PAD. Oleh karenanya, kita harus menjaga daya dukung ruang agar bisa berkelanjutan,” katanya, Kamis (26/9).

Maka dari itu, optimalisasi regulasi jadi hal penting guna mengatur insentif dan disinsentif terkait pengelolaan ruang.

BACA JUGA:Geruduk Kejati Jabar, Warga Dago Elos Layangkan 4 Tuntutan

Menyinggung hal tersebut, Pengamat Kebijakan Publik UPI, Cecep Darmawan menyoroti realisasi peningkatan PAD di sektor parawisata yang belum terkoneksi secara baik. Sebab, hal ini merupakan salah satu sektor yang berpotensi meningkatkan PAD Kota Bandung.

Dirinya mencontohkan soal Teras Cihampelas yang sampai saat ini belum digarap secara maksimal. Terdapat potensi di kawasan ini guna menggeliatkan UMKM lokal yang berjalan beriringan dengan banyaknya wisatawan berkunjung ke tempat tersebut.

“Ini kan ke depan bisa meningkatkan PAD Kota Bandung. Sekaligus ini kan tentunya bisa menjadi nilai manfaat (dari segi parawisata),” katanya kepada Jabar Ekspres, Kamis (26/9).

Diakuinya, hal yang paling utama dalam menggeliatkan kawasan tersebut yakni penggaetan yang dilakukan oleh Pemkot Bandung kepada tiap komunitas yang ada di Kota Kembang. Menurutnya, Teras Cihampelas tak hanya akan kembali hidup, keberlangsungan ekosistem yang tergabung di dalamnya pun akan semakin berkembang.

BACA JUGA:Tok! DPRD dan Pemkot Bogor Sahkan APBD Perubahan 2024

“Libatkan publik secara masif, agar komunitas bisa ikut memelihara dan meramaikan kawasan ini. Ramainya tempat ini kan akan mengikuti, lewat acara yang digelar baik oleh Disbudpar atau komunitas-komunitas tersebut,” ujarnya.

Selain itu, dari segi pengawasan dan keamanan kawasan, dirinya berharap Pemkot Bandung bisa membentuk satuan tugas (satgas) yang berfokus pada penanganan hal tersebut. Hal ini bertujuan guna menjaga Teras Cihampelas dari peristiwa atau hal-hal yang tak diinginkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan