4 Waktu Paling Tepat Untuk Berdoa, Jangan Sampai Terlewatkan

JABAR EKSPRES – Berdoa memang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, namun ternyata ada waktu-waktu yang istimewa untuk berdoa, seperti yang diajarkan Rosulullah.

Ada beberapa waktu yang sangat tepat untuk berdoa, waktu-waktu tersebut merupakan saat di mana doa paling didengarkan oleh Allah.

Untuk kamu yang ingin tahu kapan waktu istimwea untuk berdoa tersebut, Rosulullah pernah memberikan bocorannya, yang di jelaskan dalam sebuah hadits.

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, berkata,
“Ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Doa apa yang paling didengarkan?’ Beliau bersabda, ‘Doa pada pertengahan malam terakhir dan pada setiap selesai shalat wajib.’” (HR. Tirmidzi, ia katakan hadits ini hasan) [HR. Tirmidzi, no. 3499, Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilaly dalam hadits Riyadh Ash-Shalihin no. 1500 mengatakan bahwa hadits ini hasan dengan berbagai penguatnya atau syawahidnya].

baca juga : Ini Tuntunan Cara Berdoa yang Benar, Awali dengan Memuji Allah dan Bersholawat

Dari hadits tersebut dapat diambil faedahnya, tentang 4 waktu yang utama dan paling tepat memanjatkan doa, yakni :

1. Doa pada malam hari

Hadits ini menunjukkan keutamaan doa pada malam secara umum. Ditambah lagi ada hadits yang mendukung hal ini seperti disebutkan dalam Riyadh Ash-Shalihin no. 1178.

Jabir radhiyallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya pada malam hari itu ada satu waktu yang tidaklah seorang muslim tepat pada waktu itu meminta kepada Allah kebaikan perkara dunia dan akhirat, melainkan Allah pasti memberikannnya kepadanya. Dan waktu itu ada pada setiap malam.” (HR. Muslim, no. 757)

2. Doa saat Orang-orang telelap tidur.

Waktu malam itu begitu tenang untuk berdoa karena orang-orang sedang tidur.

3. Doa saat Sedang sahur

Allah juga memuji orang-orang yang beristighfar pada waktu sahur. Disebutkan dalam ayat,

“Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” (QS. Adz-Dzariyat: 17-18)

Baca juga : 9 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Ada Jaminan Diijabah Allah

4. Doa di waktu sepertiga malam

Waktu sepertiga malam juga waktu utama untuk berdoa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan