Mundur dari Jabatan Wali Kota Pasuruan, Presiden Jokowi Lantik Gus Ipul sebagai Mensos

JABAR EKSPRES – Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Wali Kota Pasuruan setelah dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Sosial (Mensos).

‘’Per hari ini juga saya mundur sebagai Wali Kota Pasuruan, otomatis itu,’’ kata Gus Ipul usai dilantik sebagai Mensos di Istana Negara, Jakarta, dikutip dari ANTARA, Rabu (11/9).

Gus Ipul juga menyampaikan akan segera berkoodirnasi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy selaku Pelaksana Tugas Mensos sebelumnya, termasuk untuk mengikuti proses serah terima jabatan.

BACA JUGA: Daftar Klinik Hewan Vaksinasi Rabies Gratis di Bandung

Gus Ipul menilai terkait dipilihnya ia menjadi Mensos merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan Presiden kepada dirinya.

Ia juga mengungkapkan bahwa ia akan senantiasa membantu presiden di sisa masa pemerintahan satu bulan ini, termasuk ikut dalam mempersiapkan transisi pemerintahan berikutnya yang berkaitan dengan tugas-tugas menteri sosial.

Saifullah Yusuf atau Gus Ipul telah resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Mensos pada Rabu (11/9) sekitar pukul 09.00 WIB di Istana Negara.

BACA JUGA: Soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang, Ini Kata Jokowi

Pelantikan Gus Ipul ini sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 102B 2024 tentang pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Gus Ipul dilantik sebagai Mensos definitive menggantikan Tri Rismaharini yang kini maju di kontestasi Pilkada 2024.

‘’Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,’’ kata Gus Ipul saat mengucapkan sumpah yang dipandu oleh Presiden Jokowi.

BACA JUGA: 15 Data Jumlah Pelamar CPNS di Kalimantan Timur dan Utara, Ada yang Capai 9 Ribu Pelamar!

Gus Ipul berjanji akan menjalankan tugas jabatan dan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan