Monyet Ekor Panjang Turun ke Pemukiman, Warga Langensari Lembang Resah

JABAR EKSPRES –  Warga Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dikejutkan dengan kehadiran monyet ekor panjang yang berkeliaran di pemukiman mereka.

Warga menduga hewan liar tersebut turun dari kawasan hutan di Maribaya karena ketersediaan makanan yang berkurang.

Hewan yang biasa menghuni hutan itu terlihat melompat di atap rumah, mencari makanan bahkan berjalan di atas kabel listrik. Warga berusaha mengusir monyet agar tak mengancam keselamatan manusia.

“Melompat-lompat ke tiang listrik hingga ke atap rumah warga. Pertama terlihat sekitar pukul 09.00 WIB, dari RW 01, ke atap rumah, terus lari ke RW 04, sekarang ada di sini (RW 04). Kemunculannya dari tadi, tapi banyak yang bilang sudah satu minggu,” kata seorang warga, Ayi Supriatna kepada wartawan, Selasa (10/9/2024).

BACA JUGA: Perahu Nelayan Terbalik saat Mencari Ikan di Pantai Cikolomberan Garut, 1 Meninggal Dunia dan 1 Masih Hilang

Menurut Ayi, monyet liar tersebut sempat mencuri roti dari sebuah warung karena kelaparan. Saat ini warga Desa Langensari pun terus mengintai hewan prinata itu kemana pun pergi.

“Tadi dia ambil roti di warung, kalau sampai masuk rumah, belum ada,” ujarnya.

Ia mengatakan, sejak kemunculannya, monyet tidak sampai mengganggu dan membahayakan seperti mencakar atau menggigit warga. Hanya saja mereka jadi resah.

“Hanya satu ekor, tapi kita jadi resah. Takut terjadi apa-apa,” tambahnya.

Ayi mengharapkan pihak terkait bisa menangkap binatang itu, serta merehabilitasi hutan sebagai tempat tinggal hewan-hewan liar seperti monyet.

“Ditangkap saja supaya enggak meresahkan, hutannya juga dilindungi agar hewan dari hutan tidak berkeliaran ke kampung-kampung” tuturnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan