Soal Rencana Sky Train di Bandung, Dishub Jabar: Ada 5 Rute yang Disiapkan

JABAR EKSPRES – Dinas perhubungan Provinsi Jawa Barat (Dishub Jabar), saat ini mengaku telah memiliki gambaran terkait rencana Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perhubungan (Kemenhub) yang akan menghadirkan moda trasnportasi masal berbentuk Sky Train di Kota Bandung.

Kepala Dishub Jabar A Koswara menyebut dalam gambarannya, untuk pembangunan moda transportasi bernarsis rel ini, rencananya akan ada 5 koridor atau rute yang nantinya akan disiapkan oleh pihaknya.

“Untuk Sky Train itu akan ada 5 koridor atau rute (yang disipakan), tapi yang akan difokuskan dulu itu ada dua yaitu rute utara – selatan, sama barat – timur atau dari Babakan Siliwangi – Leuwipanjang dan dari Leuwipanjang – Tegalluar. Itu perencanaan pertama dua koridor prioritas,” katanya Kamis (5/9).

BACA JUGA: KPU Jabar Klaim DPS Ganda untuk Pilkada 2024 Telah Berkurang

Dua koridor tersebut, kata Koswara akan difokuskan sebelum nantinya menghadirkan beberapan fasilitas lainnya untuk Sky Train. Ia mengaku hal ini akan terus dikaji oleh pihaknya.

“Untuk prioritas lainnya itu nanti setelah ini (dua koridor yang difokuskan) dikaji. Nah nanti baru yang lainnya akan dikaji juga,” ungkapnya

Koswara berharap, hal ini dapat segera terealisasi sebab jika transportasi massal tersebut hadir maka akan merubah wajah Kota Bandung Khusuha dari segi lalu lintas.

BACA JUGA: Siswa SDIT Aliya Kota Bogor Kuasai Teknologi Robotik, Ciptakan Sejumlah Inovasi

“Karena dengan BRT saja perubahan lalu lintas akan banyak berubah secara signifikan, apa lagi nanti kalau sudah ada Sky Train dan LRT itu Insya Allah akan merubah wajah Kota Bandung dan transportasin di Kota Bandung akan semakin baik lagi,” pungkasnya

Sebelumnya, Diketahui sebelumnya, Menhub Budi membeberkan rencana Kemenhub yang akan membangun Autonomous Rail Transit (ART) hingga Sky Train di wilayah Bandung.

Hal ini dilakukan, sebab menurutnya dengan hadirnya moda transportasi tersebut, dinilai akan mempermudah elektrifitas jalur di area perkotaan.

BACA JUGA: Dosen ITB, Ardhiani Kurnia Hidayanti Terima Penghargaan PAWS XXVII ICE2024Kyoto

“Di Bandung, kami ingin membuat ada beberapa pemikiran. Memikirkan bagaimana ART bisa beroperasi di sini. Bandung juga akan buat Sky Train, sedang di studi dan saya mengajak swasta Bandung untuk berinvestasi,” kata Budi di Hotel Pullaman Bandung, Selasa (3/9) kemarin.(San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan