Penjelasan KPU Jabar Soal Nisya Ahmad Dilantik jadi Anggota DPRD

JABAR EKSPRES – Nama Annisa Saadiyah Ifat atau kerap disapa Nisya Ahmad, saat ini tengah ramai diperbincangkan publikn tanah air. Pasalnya, ia tiba-tiba dilantik menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat (DPRD Jabar) untuk Periode 2024 – 2029 pada Senin, (3/9) kemarin, di Gedung Merdeka, Kota Bandung.

Padahal, adik Raffi Ahmad ini dinyatakan kalah pada Pemilihan legislatif (pileg) 2024, karena hanya memiliki suara sah sebesar 50.422 di Dapil Jawa Barat 2.

Menanggapi hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar menjelaskan bahwa Nisya Ahmad dilantik karena menggantikan Thoriqoh Nashrullah Fitriyah yang juga anggota atau kader PAN di Dapil yang sama.

Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni mengatakan, Thoriqoh menyatakan mundur sebagai anggota DPRD terpilih dari Dapil 2 Jabar, sehingga jabatannya digantikan oleh Nisya Ahmad.

BACA JUGA: Demi Kesejahteraan Prajurit TNI, Panglima Ajukan Kenaikan Tukin

“DPW PAN menyampaikan surat pada tanggal 12 Agustus 2024 perihal penggantian calon terpilih anggota DPRD Jabar 2 yang melampirkan surat pengunduran diri atas nama Hj.Thoriqoh Nasrullah Fitriyah,” kata Ummi, Rabu, (4/9).

“Kemudian tanggal 15 Agustus 2024, KPU Jawa Barat mengundang Thoriqoh Nasrullah Fitriyah didampingi oleh pengurus PAN. Dalam klarifikasi atas pengajuan pengunduran dirinya sebagai caleg terpilih itu dibenarkan,” sambungnya.

Usai adanya klarifikasi tersebut, Ummi menuturkan KPU Jabar langsung menerbitkan surat Nomor 23 Tahun 2024 tentang perubahan ketiga atas keputusan Nomor 17 Tahun 2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA: Promo Hari Pelanggan Nasional di Fore, Cinepolis, dan 4 Tempat Lain Hanya dengan QRIS wondr by BNI

Sehingga dengan adanya surat teresebut, KPU resmi menetapkan Nisya Ahmad sebagai caleg terpilih menggantikan Thoriqoh.

“Hj. Thoriqoh Nasrullah Fitriyah itu memperoleh suara sah sebesar 58.495 digantikan oleh Nisya Ahmad dengan perolehan suara sah sebesar 50.422,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada Senin, (2/9) kemarin DPRD Jabar secara resmi dan sah melantik 120 anggota terpilih untuk periode 2024 -2029 di Gedung Merdeka, Kota Bandung.

Adapun jumlah anggota terpilih tersebut diantaranya 20 orang dari Partai Gerindra, 19 orang dari Partai Golkar, 19 PKS, 17 orang dari PDIP, 15 orang dari PKB, 8 orang dari Partai Nasdem, 8 orang dari Partai Demokrat, 7 orang dari PAN, 6 orang dari PPP, dan 1 orang dari PSI.(San)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan