PDIP Ungkap Alasan Gagal Bawa Anies ke Jabar

JABAR EKSPRES – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya resmi mengusung dan mendaftarkan kadernya yakni Jeje Wiradinata – Ronal Surapradja sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Periode 2024-2029 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu menyusul gagalnya PDIP membawa Anies Baswedan ke Jawa Barat (Jabar).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jabar Ono Surono mengungkapan, gagalnya membawa Anies ini dikarenakan adanya beberapa faktor yang cukup besar sehingga membuat mantan Gubernur DKI Jakarta teresebut batal diusungkan. Padahal menurut dia, sebelumnya PDIP sudah menjalani komunikasi cukup intens bersama Anies Baswedan.

“Akhirnya (komunikasi) mengerucut di sore hari (jelang penutupan pendaftaran), tapi kita menghadapi sebuah tantangan yang sangat besar, tangan-tangan yang tidak menyetujui Pak Anies diusung oleh PDIP Perjuangan,” ujarnya, Jum’at (30/8).

BACA JUGA: Tegaskan Komitmen Dalam Transformasi Teknologi Dunia Pendidikan, Acer Indonesia Kembali Gelar Acer Smart School Awards (ASSA) 2024

Sejatinya, Ono menjelaskan bahwa PDIP sangat menginginkan Anies Bawesdan diusung dalam perhelatan Pilgub Jabar. Pasalnya menurut dia, selain memiliki track record yang cukup baik selama menjadi Gubernur DKI Jakarta kemarin, Anies Baswedan juga merupakan figur atau tokoh nasional yang lahir di Jawa Barat.

“Sehingga kami yakin betul pak Anies itu adalah sosok pemimpin yang bisa menyelesaikan segala permasalahan di Jawa Barat. Makanya kami sangat mempunyai keinginan pak Anies diusung di Jawa Barat, tapi kekuatan-kekuatan yang sangat besar itu pada akhirnya membuat pak Anies tidak jadi diusung oleh PDI Perjuangan,” ungkapnya.

“Jadi kami menilai bahwa yang sudah mengerucut (untuk diusung), namun pada akhirnya bubar karena ada tangan-tangan dari luar yang tidak menghendaki pak Anies di Jabar,” imbuhnya.

Sebelumnya, PDIP resmi menyuguhkan Jeje Wiradinata – Ronal Surapradja sebagai pasangan calon gubernur Jawa Barat (Jabar) Periode 2024 – 2029 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

BACA JUGA: Pilkada Kota Bogor Diikuti 5 Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota

Hadir di detik-detik terakhir, Jeje mengaku terkejut setelah dirinya diusung oleh PDIP untuk menjadi pasangan Calon Gubenur Jabar 2024 – 2029 bersama Ronal Surapradja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan