Warga Desa Galumpit Hiasi Jalan Raya dengan 5 Bendera Raksasa 70 Meter Menjelang HUT RI ke-79

JABAR EKSPRES – Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-79, masyarakat RW 16 Galumpit, Desa Cileunyi Kulon, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung memeriahkan suasana dengan menghias Gapura Jalan Raya menggunakan bendera raksasa.

Bendera raksasa dengan panjang 70 meter dan terbagi 5 itu dipasang di Jalan Raya Galumpit menggunakan 18 tiang kayu dan menjadi tontonan warga sekitar.

Bahkan saking uniknya masyarakat disana pun kerap berswafoto dan juga bisa dijadikan tempat untuk berteduh di tengah teriknya sinar matahari.

BACA JUGA: Sekretariat DPRD Cimahi Alokasikan Rp200 Juta untuk Pelantikan 45 Anggota Dewan Terpilih

Ketua RW 16, Kokon Raedin mengatakan dihiasinya jalan ini menggunakan bendera dengan panjang 70 meter awalnya untuk lomba desa di tingkat kecamatan.

“Pertama untuk lomba, tapi kan seharinya-harinya untuk masyarakat juga agar bisa menikmati,” ujar Kokon saat ditemui, Jumat (9/8/2024).

Kokon menjelaskan, proses pemasangan bendera ini melibatkan 18 tiang kayu dan memakan waktu 5 hari dari Minggu (4/8) hingga Kamis (8/8) yang dilakukan siang dan malam.

BACA JUGA: Menteri AHY Hadiri Festival LIKE 2

“Pengerjaan 5 hari, siang malam, mulai jam 07.00-16.00 WIB, dilanjutkan jam 19.00 sampai jam 00.00 WIB kalau Sabtu,” ungkapnya.

Adapun tema yang diambil dalam pemasangan gapura bendera ini yakni “Dari Warga 16 Galumpit untuk Indonesia,” dengan melibatkan RT, RW, serta Karang Taruna Sapujagat setempat.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk menghiasi jalan ini menggunakan bendera mencapai Rp8,5 juta, dimana Rp4,2 juta diantaranya digunakan untuk membeli bendera.

BACA JUGA: Bersama Asbanda, Tuan Rumah Bank Kalbar dan BPDSI, bank bjb Dukung dan Sukseskan Gelaran Penarikan Undian Simpeda

“Alhamdulilah kalau untuk biaya ini berasal dari swadaya masyarakat dan donatur,” ungkapnya.

Adapun untuk kesulitan yang dihadapi dalam membuat gapura bendera raksasa ini terkait pemasangan bambu pada gapura namun semuanya berjalan lancar.

“Kesulitan sih nggak ada, paling memasang bambu di gapura tapi secara teknis, semua berjalan lancar,” jelas Kokon.

BACA JUGA: PLN Icon Plus dan Transvision Jalin Kerjasama untuk Masa Depan Hiburan Digital Indonesia

Ditanya terkait pemasangan gapura bendera yang dilakukan di Jalan Galumpit, hal itu bertujuan untuk menyediakan spot selfie bagi warga yang ingin berfoto.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan